Jawa Pos

Kuatkan Hafalan Balita lewat Musik

-

GRESIK – Usia balita adalah masa- masa golden

age. Karena itu, rang sangan yang diberikan lebih mudah terserap dan mudah diingat hingga dewasa. Beberapa orang tua pun me milih musik sebagai rangsangan awal yang diharapkan bisa mengasah kecerdasan anak.

Anak-anak pun belajar dengan gembira karena musik merupakan hal yang dekat dengan mereka. Lihat saja Raisa Salsa, 4, dan Qarirah Wahidah, 5. Kemarin (3/9) dua balita itu mengisi liburan di Allegro Music Studio dalam class kids. Di kelas tersebut, ada latihan perkusi, piano, dan vokal. Keduanya belajar khusus tentang musik tersebut sejak sebulan terakhir.

Nurul Qisthi, ibunda Raisa, mengatakan, sejak berusia 1 tahun, buah hatinya menunjukka­n bakat menyanyi. Karena itu, dia memasukkan Raisa ke kelas musik agar bakatnya lebih terasah. ’’Di sekolah, dia lebih banyak diajari sesuatu yang mengasah otak kiri. Nah, les musik ini bisa merangsang otak kanannya. Jadi, bisa lebih seimbang,” terangnya.

Sementara itu, Nuri Handayani, ibunda Qarirah, menambahka­n, dirinya memasukkan sang buah hati ke sekolah musik demi menggali bakat. ’’Yang saya tahu, kecerdasan anak itu kan, salah satunya, bisa digali lewat musik,” katanya.

Puspita, pengajar musik Raisa dan Qarirah, menjelaska­n, anak-anak diberi pelatihan dasar musik terlebih dahulu. Misalnya, perkusi berfungsi untuk mengenal tempo dan ketukan. Kemudian, piano untuk melatih kepekaan nada. Terakhir, anak-anak berlatih vokal agar bisa menghayati sebuah lagu. ’’Hafalan mereka dikuatkan dulu. Caranya, mereka menyanyika­n lagu dengan mengucapka­n notasinya. Mereka bernyanyi sembari memainkan piano dengan panduan notasi angka,” ujar alumnus Sendratasi­k Unesa tersebut. ( hay/c7/dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? ASAH OTAK KANAN: Puspita memandu Raisa Salsa dan Qarirah Wahidah menyanyika­n lagu dan memainkan piano.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ASAH OTAK KANAN: Puspita memandu Raisa Salsa dan Qarirah Wahidah menyanyika­n lagu dan memainkan piano.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia