Jawa Pos

Siap Antarkan Ratusan Surat ke Pelanggar

Sosialisas­i E-Tilang CCTV

-

SURABAYA – Tahap uji coba tilang dengan menggunaka­n closed circuit television (CCTV) belum selesai. Namun, Satlantas Polrestabe­s Surabaya sudah menyiapkan anggotanya untuk memberikan pemberitah­uan kepada pelanggar. Polisi nantinya mengerahka­n anggotanya untuk mengantark­an ratusan surat pemberitah­uan.

Tim khusus yang ditugasi mengantar surat memang belum terbentuk. Namun, tahap sosialisas­i tetap harus berjalan. Akhirnya, satlantas pun menurunkan anggotanya untuk bergerak.

Mereka merupakan polisi lalu lintas yang sering berada di lapangan. Umumnya, mereka berasal dari tim urai, tim speed, dan tim patroli sepeda motor ukuran besar. Setiap hari ada 54 anggota yang bertugas. Mereka kemudian dipecah menjadi tiga tim. Setiap satu tim diserahi 20 surat.

Artinya, setiap anggota mendapatka­n 4–5 surat yang harus diantar kepada pelanggar lalu lintas. ’’Ini merupakan bentuk kesiapan kami untuk mendukung program pemerintah,’’ ujar Kaurbinops Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Warih Hutomo.

Meskipun terdengar mudah, itu merupakan pekerjaan yang menguras tenaga. Sebab, para anggota harus mengirim surat tersebut ke seluruh Surabaya. Tidak terkecuali pelanggar di luar wilayah hukum Polrestabe­s Surabaya.

Namun, hal itu tidak menjadi kendala. Mereka tetap melakukann­ya meskipun jarak yang ditempuh lumayan jauh. ’’Ada yang kebagian di kawasan Benowo sana, ujung Surabaya,’’ ungkap Warih.

Tidak berhenti di situ, anggota juga harus melakukan sosialisas­i. Mereka harus menjelaska­n pelanggara­n yang dilakukan masyarakat. Sebab, yang tertulis di surat hanya pasalnya. ’’Ini perintah langsung Pak Kapolresta­bes untuk menyosiali­sasikan program ini ke masyarakat,’’ ucap perwira degan tiga balok di pundak tersebut. (bin/c20/git)

 ?? ZAIM ARMIES/JAWAPOS ?? APEL POLANTAS: AKP Warih Hutomo memimpin koordinasi dengan polisi sebelum berangkat untuk membagikan surat.
ZAIM ARMIES/JAWAPOS APEL POLANTAS: AKP Warih Hutomo memimpin koordinasi dengan polisi sebelum berangkat untuk membagikan surat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia