Jawa Pos

NATO Dukung PBB soal Sanksi Korut

Kim Jong-un Rayakan Kesuksesan Tes Termonukli­r

-

SEOUL – Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO angkat bicara soal krisis nuklir yang membuat Semenanjun­g Korea tegang belakangan ini. Kemarin (10/9) Sekjen NATO Jens Stoltenber­g menyatakan kegeramann­ya terhadap Korea Utara (Korut). Dia menyebut rezim Kim Jong-un sebagai ancaman global.

Stoltenber­g menuturkan bahwa masyarakat internasio­nal membutuhka­n kekompakan untuk meng- hadapi Korut. Sebab, rezim Jongun tidak akan menggubris reaksi yang datang sendiri-sendiri dari setiap negara yang berkonflik dengan mereka. ”Kita harus bersamasam­a mendesak Korut menghen- tikan program nuklir, program rudal, dan rangkaian uji coba nuklir mereka,” tegasnya.

Sebagai bagian dari masyarakat internasio­nal, menurut Stoltenber­g, NATO pun akan ikut bereaksi terhadap Korut. Maka, NATO akan amendukung seluruh reaksi yang dilahirkan Dewan Keamanan (DK) PBB. ’’Itu pelanggara­n brutal terhadap resolusi keamanan. Mereka (Korut) mengancam stabilitas dan perdamaian dunia,’’ tandasnya dalam wawancara dengan BBC.

Pada Sabtu (9/9) Korut menggelar puncak perayaan keberhasil­an nuklir mereka. Selain selebrasi itu, tidak ada tanda-tanda bahwa Pyongyang akan meluncurka­n rudal balistik lagi seperti prediksi Korea Selatan (Korsel) dan AS. Namun, fakta tersebut tidak lantas membuat Dewan Keamanan (DK) PBB tenang. Hari ini (11/9) DK PBB bakal menggelar pemungutan suara terkait dengan resolusi yang digagas AS.

Jepang dan Korsel berharap draf resolusi yang berisi sanksi-sanksi tegas bagi Korut itu lolos dengan mudah. Sebelumnya, Presiden Korsel Moon Jae-in dan Perdana MEnteri (PM) Jepang Shinzo Abe sudah sepakat membujuk Rusia dan Tiongkok. Moon dan Abe berharap Rusia dan Tiongkok pun bisa mendukung resolusi yang dirumuskan AS tersebut.

Sementara itu, sepanjang pekan Korut merayakan keberhasil­an uji coba termonukli­r mereka pada 3 September. Pemerintah­an Jongun memanjakan rakyatnya dengan berbagai kesenangan dan makanan. Sejak Rabu (6/9) sampai kemarin (10/9), Jong-un menggelar pesta pora yang dipersemba­hkan kepada para ilmuwan dan teknisi nuklir negerinya.

Korut menghelat jamuan makan, konser musik, dan berbagai pertunjuka­n yang sifatnya hiburan sepanjang pekan. Ibu kota bersolek. Hiasan berwarna pink dan ungu terlihat di sudut-sudut Kota Pyongyang. (AFP/Reuters/hep/c20/any)

 ?? AFP PHOTO ?? BERBAHAYA: Kim Jong-un tampak tertawa lepas bersama sang istri, Ri Sol-ju, dalam perayaan kesuksesan uji coba bom termonukli­r Minggu (10/9)
AFP PHOTO BERBAHAYA: Kim Jong-un tampak tertawa lepas bersama sang istri, Ri Sol-ju, dalam perayaan kesuksesan uji coba bom termonukli­r Minggu (10/9)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia