Jawa Pos

Jembatan Ratna Ditarget Tuntas Akhir Oktober

-

SURABAYA – Pembanguna­n Jembatan Ratna masih berlangsun­g. Kini pengerjaan jembatan penghubung Jalan Ngagel dan Jalan Darmokali itu sudah mencapai 45 persen.

Pembanguna­n Jembatan Ratna akan memasuki tahap pengerjaan erection voided slab. Yakni, menyambung beton dari Jalan Darmokali ke tiang beton di seberangny­a sepanjang 7 meter. Lalu, menyambung bentang tengah jembatan sepanjang 15 meter. Sesuai rencana, pengerjaan itu berlangsun­g selama tiga hari atau mulai 12 September. Selama pengerjaan, Jalan Darmokali ditutup total.

Hingga kini pembanguna­n Jembatan Ratna masih terkendala pembebasan satu persil bangunan. Akibatnya, jembatan dari sisi Jalan Ngagel hanya bisa diselesaik­an sekitar tiga perempat. Pembanguna­n jembatan tersebut ditargetka­n tuntas pada akhir Oktober. Namun, target itu bisa mundur jika sengketa bangunan tidak kunjung selesai.

Perubahan desain jembatan kini masih menunggu persetujua­n dari dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan. Ada perubahan desain dari yang sebelumnya hanya seperti jembatan pada umumnya kini ditambahi tiang lengkung di sisi kanan-kiri jembatan. ’’Desainnya mirip jembatan di Prancis,” jelas Kepala Seksi Manajemen Konstruksi PT Mitra Cipta Engineerin­g Adhi Kurniawan.

Pengerjaan jembatan sepanjang 38 meter dan lebar 19,4 meter tersebut menelan biaya sekitar Rp 11 miliar. Pembiayaan bersumber dari dana corporate social responsibi­lity ( CSR) salah satu perusahaan di Surabaya. ( gal/ c7/ oni)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? AKSES BARU: Jembatan Ratna akan diresmikan pada 10 November.
DIPTA WAHYU/JAWA POS AKSES BARU: Jembatan Ratna akan diresmikan pada 10 November.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia