Jawa Pos

E-Tilang di Surabaya, Hoax-nya ke Mana-Mana

-

KOTA Surabaya sedang melakukan uji coba program e-tilang dengan memanfaatk­an teknologi closed circuit television ( CCTV). Di media sosial, program itu malah dijadikan bahan

hoax dan sudah menyebar ke berbagai daerah.

Contohnya hoax tentang e-tilang yang menyebar di Bandung. Isi pesannya, ” Untuk pengguna kendaraan yang melintas di jalanan Kota Bandung: Besok ini uji coba tilang e-CCTV. Simpang BIP, simpang Dago, simpang McD, simpang BNI, sampai ke alun-alun berhentila­h di belakang garis.”

Isi pesannya sih ”bagus”. Pengendara diminta berhati-hati menjaga kecepatan ketika traf

fic light sudah menyala kuning. Sebab, zoom kamera CCTV akan langsung bekerja memantau pelanggara­n ketika lampu kuning menyala.

Menurut isi pesan itu, tujuan pemasangan CCTV ialah menangkap secara detail visual para pelanggar lalu lintas (lalin). Lalu, akan dilakukan tilang secara elektronik. Surat tilang akan dikirim ke alamat rumah sesuai dengan nomor polisi (nopol). Bahkan, CCTV tersebut dapat menangkap gambar wajah dan nopol secara jelas. Menurut pembuat hoax, program itu merupakan kerja sama antara Pemkot Bandung, satlantas, kejaksaan negeri, pengadilan negeri, dan dinas perhubunga­n kota.

Traffic Management Centre (TMC) Polrestabe­s Bandung melalui akun Twitter- nya langsung membantah kabar tersebut. CCTV di sejumlah persimpang­an di Bandung hingga saat ini masih sebatas digunakan untuk melakukan pemantauan. Belum sampai untuk e-tilang.

Dirlantas Polda Jabar Kombespol Tomex Korniawan menjelaska­n, penerapan CCTV untuk menindak para pelanggar saat ini masih bersifat imbauan. Yakni, petugas yang memantau pelanggara­n lewat CCTV akan memper ingatkan pelanggar lalin lewat pengeras suara di persimpang­an.

Saat ini, kata Tomex, masih disiapkan perangkat CCTV untuk mendukung perekaman pelanggara­n di sejumlah persimpang­an. ”Satu perempatan saja membutuhka­n delapan kamera yang terkoneksi,” ujarnya kemarin (12/9).

Selain di Bandung, kabar palsu yang sama ternyata menyebar ke sejumlah kota. Misalnya Malang, Sidoarjo, Depok, Banda Aceh, Bekasi, Bogor, dan Ponorogo. Sejumlah pejabat terkait di kota- kota itu sudah membantah kabar bohong tersebut. Mereka menyatakan, belum ada penerapan e-tilang seperti yang sudah diujicobak­an di Surabaya.

”Pada 2018 kami mengarah ke situ (e-tilang) seperti di Surabaya. Kini kami siapkan penambahan titik pemasangan CCTV di persimpang­an,” kata Kepala Seksi Dalops Dishub Kabupaten Sidoarjo Fery Prasetyo kemarin.

E-tilang di Surabaya merupakan program bersama Polrestabe­s, Kejaksaan Negeri, dan Pemkot Surabaya. Kebijakan itu diterapkan untuk menekan angka kecelakaan yang memang kebanyakan bermula dari pelanggara­n lalin.

Program tersebut memungkink­an petugas melacak nopol kendaraan yang melanggar lalin lewat rekaman CCTV. Berbekal rekaman dan pengecekan identitas melalui nopol, petugas akan mendatangi rumah si pelanggar lalin. Lalu melakukan penilangan di tempat.

Polisi memastikan bahwa rekaman yang akan diambil dari CCTV hanyalah zoom dari nopol kendaraan. Bukan wajah si pengendara seperti dalam informasi hoax yang sudah tersebar ke mana-mana. (gun/ eko/edi/c9/fat)

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia