Jawa Pos

Irma Menyisakan Pemulihan yang Melelahkan

-

MIAMI – Setelah mengobraka­brik Negara Bagian Florida, badai Irma bergerak ke arah utara dan barat laut. Kemarin pagi (12/9) badai yang kekuatanny­a sudah jauh lebih lemah itu memasuki Negara Bagian Alabama setelah melewati Negara Bagian Georgia. Sejauh ini, jumlah korban jiwa sejak Irma kali pertama menghantam Kepulauan Karibia itu mencapai 40 orang.

Gubernur Florida Rick Scott menyatakan bahwa kerusakan yang Irma timbulkan di Florida Keys sangatlah parah. Tapi, dia bersyukur sebagian besar penduduk dan turis di kawasan tersebut mengungsi sebelum Irma tiba. Kemarin Scott menin- jau kawasan terdampak di Florida Keys dengan menumpang helikopter. Sepanjang pesisir pantai yang biasanya dipadati wisatawan kini dipenuhi sampah dan reruntuhan.

Deretan nyiur yang menjadi hiasan utama surga tropis AS tersebut tumbang karena diempas badai. Florida Keys yang menjadi jujukan wisata para pelancong dalam dan luar negeri itu porak-poranda. ”Kini kita memasuki tahapan yang lebih panjang. Yakni, tahap pemulihan. Semuanya butuh waktu yang tidak sebentar, terutama pemulihan listrik,” kata Wali Kota Miami Carlos Gimenez. (AFP/ Reuters/BBC/hep/c7/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia