Jawa Pos

Tianjin Produksi Sepeda Listrik

-

SURABAYA – Kerja sama perdaganga­n antara Tianjin, Tiongkok, dan Indonesia diperkuat dengan diresmikan­nya Exchange Center Tianjin baru di Surabaya pada Senin malam (11/9). Kerja sama dilakukan melalui penjualan sepeda listrik yang dirakit para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Timur (Jatim).

Senior Advisor Jatim untuk Tianjin Jasper Ho menyatakan, pihaknya berencana membuat sepeda listrik yang keseluruha­n komponenny­a dibeli di Indonesia. Tianjin menargetka­n rencana itu dapat terwujud pada 2019. ’’Saat ini hanya beberapa komponen yang dibeli di Indonesia seperti ban, rantai, dan keranjang sepeda,’’ ungkapnya.

Exchange center nanti tidak hanya dijadikan tempat pemasaran sepeda listrik, tetapi juga sebagai pusat pelatihan siswa SMK. Kini sudah ada 30 tipe sepeda listrik yang diproduksi dan dipamerkan di exchange center.

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Akhmad Sukardi menuturkan, kerja sama itu diharapkan mampu meningkatk­an ekspor Jatim. Sebab, sepeda listrik tersebut nanti tidak hanya dijual di Indonesia, tetapi juga luar negeri, baik di Asia maupun Eropa. (pus/c14/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia