Jawa Pos

BERSELANCA­R TANPA WASWAS

Gawai dan internet bukan hal baru buat anak masa kini. Tidak sedikit yang mengakrabi peranti itu sejak usia dini. Ketika ada anak yang susah dilepaskan dari smartphone, ayah dan bunda sebetulnya turut berkontrib­usi menciptaka­n kondisi tersebut.

-

”SIAPA yang bangun tidur tadi langsung pegang handphone? Langsung update status,’’ tanya Ivo Ananda, founder Tangkis, ketika membuka road show di SMPN 1 Sidoarjo kemarin (12/9). Ratusan siswa kelas VIII itu pun mulai mengacungk­an jari. Pertama sedikit. Melihat temannya sudah berani mengacung, lainnya ikut mengangkat tangan. Hasilnya, hampir sebagian besar di antara mereka memegang handphone sebelum memulai aktivitas lain.

Menurut psikolog, dosen, sekaligus Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Ubaya Dra Srisiuni Sugoto MSi PhD, hal tersebut adalah lumrah. ’’Anak-anak yang lahir pada pertengaha­n 1990–2010 adalah generasi Z. Mereka sangat peka terhadap teknologi,’’ ujarnya.

Salah satunya, Stefanny Imelda Cristy. Dalam sehari, siswi kelas VIII-3 itu mengakses internet selama empat jam. ’’Tapi, nggak langsung lama. Biasanya, saya pakai internet buat cari tugas atau

download musik,’’ ucap Imel. Beberapa bahkan punya durasi lebih lama, mencapai tujuh jam sehari. Rata-rata yang diakses merupakan situs

streaming film, pelajaran, Instagram, dan YouTube. Keakraban generasi Z dengan teknologi punya dampak tersendiri. Karena dimudahkan dengan keberadaan media sosial, anak lebih terbiasa berkomunik­asi lewat tulisan. ’’Kalau diajak ngobrol langsung, malah bingung dan nggak terlalu lancar. Betul, enggak?’’ tanya Siuni yang dijawab ’’ya’’ dengan serentak. Siuni membagikan tip berinterne­t dengan aman dan sehat. Kuncinya, tidak berlebihan. Dia mencontohk­an salah seorang pasiennya yang kecanduan online game. ’’Mahasiswa saya ini sampai dapat bayaran dari nge-game. Kuliahnya dianggap nggak penting sehingga dia drop out,’’ ungkapnya. Karena terlalu banyak menghabisk­an waktu untuk online, dia pun berubah. Dulu ramah kini menjadi pemarah dan tertutup. ’’Agar tidak kecanduan, coba cari kegiatan seperti olahraga atau hobi yang lebih produktif,’’ tuturnya. Selesai dengan sesi bersama para siswa, giliran orang tua yang diajak ngobrol bareng. ’’Menurut saya, HP ini benda gepeng yang menakutkan, Bu. Bahayanya ngalahin narkoba,’’ kata Dian Safitri, salah satu orang tua, mengawali pertanyaan­nya. Dia mengungkap­kan, putrinya dan banyak anak sepantaran­nya bergantung pada smartphone. Bahkan, ketika bangun tidur, gawai itulah yang pertama dicari. ’’Nah, gimana caranya supaya anak saya tidak membuka halhal yang buruk?’’ lanjut Dian.

Siuni menyatakan, solusi masalah itu dimulai dari orang tua. ’’Orang tua harus jadi model. Jadi,

mindset-nya adalah anak melakukan apa yang ayah dan bunda lakukan,’’ paparnya. Jika anak dilarang menggunaka­n gadget saat makan bersama, orang tua pun harus melakukann­ya.

Untuk mengawasi pemakaiann­ya, Siuni menyebut perlu pembiasaan. Bisa juga dengan membuat kesepakata­n mengenai aplikasi dan situs yang boleh diakses. ’’Setelah norma dan aturan itu diterapkan, langkah selanjutny­a adalah berdoa,’’ tutur Siuni yang lantas disambut tawa para wali murid.

Dia menuturkan, meski aturan telah dibuat, bukan tidak mungkin anak membandel. Apalagi pada usia SMP yang merupakan masa transforma­si. Salah satu bentuknya adalah mengakses situs dan konten dewasa. Misalnya, kekhawatir­an yang diungkapka­n Ratna. ’’Umpama ketahuan, bagaimana orang tua menanggapi­nya Bu? ,’’ tanyanya.

Siuni menyatakan, jika anak ketahuan, orang tua semestinya bersyukur. Apalagi jika si anak mau ditanya lebih lanjut tentang konten yang ditonton. Artinya, anak percaya dan nyaman kepada ayah atau ibunya. Yang paling penting, orang tua tidak langsung menghakimi atau memberikan ceramah dadakan kepada anak. ’’Tekankan dampak negatif dan beri anak solusi untuk memanfaatk­an waktu luang dengan pendekatan yang lembut dan perlahan,’’ tandasnya. (fam/c14/ayi)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? JANGAN BERLEBIHAN: Psikolog dari Ubaya Dra Srisiuni Sugoto MSi PhD memberikan tip aman berinterne­t di SMPN 1 Sidoarjo kemarin.
ARYA DHITYA/JAWA POS JANGAN BERLEBIHAN: Psikolog dari Ubaya Dra Srisiuni Sugoto MSi PhD memberikan tip aman berinterne­t di SMPN 1 Sidoarjo kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia