Jawa Pos

Buang Sikap Meremehkan

-

MADRID – Terlalu percaya diri. Itulah penyebab seretnya laju Real Madrid di La Liga musim ini. Sikap terlalu pede tersebut muncul setelah Los Blancos –julukan Real– meraih trofi Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol. Dampaknya, mereka terkesan meremehkan lawan.

’’Kami harus kembali membumi,’’ ujar Zinedine Zidane, pelatih Real, kepada Marca. ’’Buang si kap me reme h kan lawan,’’ lanjutnya.

Nah, perubahan sikap itu harus ditunjukka­n saat Real menjamu APOEL Nicosia pada matchday pertama grup H Liga Champions dini hari nanti. Sergio Ramos dkk memang lebih diunggulka­n. Namun, Zidane meminta pemainnya mengabaika­n status unggulan. ’’Fokus saja pada pertanding­an,’’ tegasnya.

Real kehilangan Karim Benzema yang mengalami cedera hamstring pada Sabtu (9/9). Tetapi, sosok yang dirindukan Madridista­s –sebutan fans Real– bisa come back diniini hari nanti. Sosok tersebut ut adalah CR7 alias Cristiano Ronaldo. Zidane yakin Ronaldo akan meluapkan dahaga pertanding­an setelah absen dalam empat laga bersama Real.

’’Cristiano sangat bagus dan fokus melakukan apa yang harus dilakukan besok (dini hari nanti, Red),’’ kata Zidane sebagaiman­a dilansir ESPN. ’’Dia begitu gembira karena kembali bermain. Kami juga senang dia kembali. Secara fisik dan mental, dia juga sangat prima,’’ sambung pelatih 45 tahun tersebut.

Zidane mengakui, cedera Benzema membuat Real mengalami krisis di lini depan. Karena itulah, dia menyertaka­n Borja Mayoral dalam skuad Liga Champions. Pemain yang musim lalu dipinjamka­n ke VfL Wolfsburg itu punya masa depan yang cerah. Selain masih berusia 20 tahun, dia berhasil mencetak 15 gol dalam 14 laga di UEFA Youth League.

’’Anda bilang bahwa kami kekurangan pemain nomor 9 (striker, Red) dan bisa saja hal itu benar,’’ tutur pelatih yang membawa Real back-to-back kampiun Liga Champions tersebut.

’’Sebenarnya kami ingin Alvaro Morata bertahan. Namun, dia ingin pindah untuk mendapatka­n jatah bermain lebih banyak dan kami menghormat­i ke inginannya,’’ ungkapnya. ’’Kami tidak boleh terlalu mengkhawat­irkan hal itu karena kami masih punya Gareth Bale, bahkan Ronaldo. Saya juga percaya kepada pemain muda seperti Borja (Mayoral),’’ tambahnya.

Meski sudah diperkuat Ronaldo, Zidane menegaskan bahwa Real tidak bergantung kepada kapten timnas Portugal tersebut. ’’Anda pasti tahu siapa Cristiano. Kami tak bicara soal ketergantu­ngan. Tapi, saya ingin dia selalu bersama di tim ini. Yang menarik bagiku adalah Cristiano bisa selalu bermain,’’ jelasnya.

Sementara itu, tim tamu datang ke Santiago Bernabeu dengan hasil positif di liga. Sebab, tim polesan George Donis tersebut menang 4-1 atas Nea Salamina.

’’Kami membuat pertanding­an besok (dini hari nanti, Red) menjadi menarik,’’ tuturnya sebagaiman­a dikutip Teletica. ’’Di Madrid, kami tidak akan banyak menguasai bola. Jadi, kami lebih fokus bermain bertahan,’’ tandasnya. (io/c14/bas) SIAP MELEDAK: Aksi Cristiano Ronaldo ketika menghadapi Fiorentina di Trofeo Bernabeu (23/8). Kehadiran Ronaldo bisa menambah motivasi penggawa Real Madrid.

 ?? BUDIONO/JAWA POS MARISCAL/EPA ??
BUDIONO/JAWA POS MARISCAL/EPA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia