Jawa Pos

Malaysia Juarai Grup A

-

YANGON – Malaysia akhirnya menahbiska­n diri sebagai juara grup A Piala AFF U-18 2017. Pada laga pemungkas kemarin, skuad asuhan Bojan Hodak itu menahan imbang Thailand dengan skor 1-1 (0-0) di Stadion Thuwunna, Yangon.

Malaysia mencetak gol terlebih dahulu melalui sundulan Akif Nik Mat pada menit ke-49 setelah menerima umpan silang dari M. Nurfais Johari. Thailand menyamakan kedudukan 13 menit kemudian hasil gol kapten Kritsada Kaman.

Dengan hasil itu, dua tim samasama mengoleksi 13 angka hasil empat menang dan sekali seri dalam lima laga. Namun, Malaysia tampil lebih produktif dengan mencetak 13 gol dan kebobolan tiga (10). Thailand hanya punya sembilan gol dan kebobolan dua (7). Dengan demikian, Malaysia lebih berhak berada di atas tim asal Negeri Gajah Putih itu.

Bagi pelatih Malaysia Bojan Hodak, pencapaian itu di luar dugaan. Menurut dia, Thailand lebih bagus daripada Malaysia. Namun, dia selama ini terus berusaha meyakinkan para pemain muda yang dimilikiny­a untuk berani bersaing dengan negara lain.

’’Kuncinya terletak pada kemenangan 4-1 atas Laos yang kami raih. Itu berhasil meningkatk­an kepercayaa­n diri kami. Padahal, kami hanya dua minggu mempersiap­kan tim. Pemain mampu mendengark­an dengan baik instruksi saya di setiap pertanding­an,’’ ungkap pelatih asal Kroasia itu.

Dalam laga itu, Malaysia bermain sangat defensif. Thailand mampu memegang kendali permainan. Lini tengah mereka sangat lincah dalam mengolah bola. Sayangnya, Kritsada Kaman dkk kesulitan membongkar pertahanan Malaysia yang dimotori bek sekaligus kapten M. Syaiful Alias.

’’Thailand adalah tim yang bagus dan punya skill yang sangat baik. Yang patut saya banggakan dengan pemain saya adalah mereka memiliki pemahaman untuk menghadapi tim seperti ini. Hasil ini sudah cukup bagi kami,’’ imbuh Hodak. (dit/c4/tom)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? PUAS: Para pemain timnas Malaysia melakukan selebrasi setelah Akif Nik Mat mencetak gol ke gawang Thailand, kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PUAS: Para pemain timnas Malaysia melakukan selebrasi setelah Akif Nik Mat mencetak gol ke gawang Thailand, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia