Jawa Pos

Segera Lelang TPS Pasar Porong Baru

-

SIDOARJO – Bukan hanya Pasar Tulangan yang direvitali­sasi. Pasar Porong Baru pun akan kembali dibangun setelah terbakar November lalu. Saat ini pemkab menyediaka­n dana Rp 1,3 miliar untuk pembanguna­n tempat penampunga­n sementara (TPS). ”Saat ini masuk tahap lelang untuk pembanguna­n stan semiperman­en,” kata Kabid Pasar Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo Nawari.

Dia menyatakan, lapak yang disiapkan untuk pedagang terdampak kebakaran berukuran 2x1 meter. Akan ada 600 pedagang yang berhak mendapatka­n lapak tersebut. Tiap pedagang akan menerima lapak dalam luasan yang sama tanpa membedakan jenis jualan. Pemkab juga telah memastikan bahwa mereka semua adalah korban kebakaran. ”Sudah ada datanya. Nggak mungkin bertambah atau berkurang,” ucapnya.

Sebelum membangun TPS, ada sejumlah langkah khusus yang dilakukan pemkab dan rekanan. Salah satunya adalah sosialisas­i kepada pedagang. Sebab, ukuran lapak 2x1 meter terlampau sempit bila dibandingk­an dengan milik mereka sebelumnya yang berukuran 2x2 meter dan 2x3 meter. TPS tersebut akan berdinding tripleks dan beratap seng. Dibuat sesederhan­a mungkin. Itu sengaja dilakukan karena keterbatas­an dana dan lahan.

TPS akan didirikan di bagian belakang pasar. Berbatasan langsung dengan Terminal Porong. Luas lahan yang disediakan mencapai 5.000 meter persegi. ”Kami upayakan sesuai rancangan dasar. Ditargetka­n tuntas akhir tahun. Kami pantau supaya warga bisa nyaman ber- dagang,” tutur Nawari.

Berdasar informasi yang dihimpun, sejumlah pedagang terdampak kebakaran belum mendapatka­n tempat yang layak untuk berjualan. Beberapa pedagang berjualan di depan puing-puing lapak masingmasi­ng yang terbakar.

Nawari menyatakan belum mengerti kapan pasar tersebut direnovasi. Sebab, pemkab membutuhka­n sedikitnya Rp 18 miliar untuk merevitali­sasi pasar tersebut pasca kebakaran. Pemkab juga sudah meminta bantuan dana dari pemerintah pusat. (jos/c11/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia