Jawa Pos

Bagi Tugas Majukan Desa

- SHELA TAMARA/JAWA POS

SALURAN air menjadi salah satu fokus infrastruk­tur yang akan dibenahi Sukriwanto. Kepala Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran, itu menyatakan bahwa saluran air penting untuk kemakmuran desanya. ’’Sudah terealisas­i. Cuma belum 100 persen,’’ ujarnya.

Pembenahan jalan dan saluran air dilangsung­kan di RT 1–RT 5. ’’RT 6–RT 15 sedang dalam proses,’’ ujar suami Arik Nuryati itu. Pemasangan paving jalan pun sudah dikerjakan. ’’Pemelihara­an di RT 1–RT 6 juga sudah dilakukan,’’ katanya.

Selain itu, ada hal lain yang jadi perhatian utamanya. Sukriwanto memberikan porsi lebih pada pember- dayaan warga desa. Terutama pemberdaya­an perempuan lewat PKK dan pemuda melalui karang taruna. Caranya, mendamping­i dan menginisia­si ibuibu PKK serta pemuda untuk aktif mengadakan kegiatan. Misalnya, saat peringatan HUT RI. Para pemuda diberi porsi lebih untuk membantu menyelengg­arakan beragam lomba dan perayaan untuk desa.

Ibu-ibu PKK pun bertugas mengelola pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dibentuk pada 2016. ’’PAUD ada di atas balai desa ini, di lantai 2,’’ tuturnya. ’’Di sini anak kecil kan banyak. Jadi, PAUD menjadi solusi pendidikan anak-anak di sini,’’ tambahnya. (uzi/c15/ai)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia