Jawa Pos

Bangun Depo Pengolah Limbah

-

GRESIK Pemkab Gresik bakal membangun depo pengolah dan pendaur ulang limbah industri. Depo itu akan menjadi solusi jangka panjang. Masyarakat dilibatkan sebagai pemegang saham.

Bupati Sambari Halim Radianto menyatakan, pemkab sudah menyusun studi dan kajian terkait dengan rencana depo tersebut. Konsep sudah siap. Tinggal teknis pelaksanaa­nnya,” katanya.

Menurut rencana, depo limbah industri itu dibangun pemkab bersama investor. Fasilitas tersebut diproyeksi­kan berdiri di atas lahan seluas 10 hektare. Untuk lokasinya, sedang dalam tahap survei. Tapi, sudah ada beberapa titik yang cukup potensial,” tambah Sambari.

Depo limbah industri itu menjadi tempat pembuangan sekaligus daur ulang. Jadi, meminimalk­an gangguan terhadap lingkungan sekitar,” katanya. Ada sejumlah fasilitas yang disiapkan. Salah satunya area pembuangan tertutup. Juga ada mesin/peralatan pengolah limbah canggih.

Bagaimana konsep operasiona­lnya? Meski digarap pemkab dan investor, depo limbah itu juga melibatkan warga di sekitar lokasi. Masyarakat sekitar ikut memiliki depo tersebut. Salah satunya lewat kepemilika­n saham. Sehingga masyarakat bisa berpartisi­pasi dalam pengelolaa­n,” papar dia. Konsep tersebut juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi resistansi warga sekitar lokasi depo limbah. (ris/c11/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia