Jawa Pos

Misi Hentikan Dominasi Thailand

- Laporan Wartawan Jawa Pos

YANGON – Selangkah lagi timnas U-19 Indonesia akan mencapai final kali kedua pada Piala AFF U-18. Tentu saja tidak akan mudah. Sebab, tantangann­ya adalah mengalahka­n Thailand dalam semifinal Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, sore nanti (siaran

langsung Indosiar pukul 15.30 WIB). Dalam dua tahun terakhir, Thailand selalu mencapai final. Pada 2015, mereka menjadi juara dengan mengalahka­n Vietnam. Lalu, pada 2016, mereka kalah oleh Australia. Total sudah empat kali Thailand menjuarai event yang dahulu bernama Piala AFF U-19 itu. Terbanyak di antara tim Asia Tenggara.

Namun, Indonesia tidak perlu panik dan kurang percaya diri di hadapan Thailand. Sebab, selama fase grup, tim asuhan Indra Sjafri itu menunjukka­n performa yang menjanjika­n. Mereka menjadi tim paling produktif di depan gawang lawan dengan menyarangk­an 19 gol di grup B.

Status tim paling produktif itu diraih berkat menang besar dalam dua laga. Rachmat Irianto dkk menghajar Filipina 9-0 (7/9) dan Brunei Darussalam 8-0 (13/9). Namun, keduanya memang tergolong tim level bawah yang memang menjadi lumbung gol di grup B.

Selain itu, dipengaruh­i banyaknya alternatif pemain depan Indonesia yang piawai mencetak gol. Di garda terdepan terdapat Hanis Saghara Putra atau M. Rafli Mursalim. Pemain sayap pun punya kecepatan tinggi, yakni Feby Eka Putra dan Saddil Ramdani. Egy Maulana Vikri yang menjadi

top scorer tim juga serbabisa. Kalau Indonesia punya daya serang dahsyat, Thailand memiliki pertahanan solid. Skuad asuhan Marc Alavedra Palacios itu

hanya kebobolan dua gol dalam lima laga. Tim paling sedikit kebobolan. Dua gol yang bersarang di gawang mereka itu terjadi kala menang 2-1 atas Laos (6/9) dan imbang 1-1 dengan Malaysia (12/9).

’’Saya tidak ingin berbicara tentang kekuatan Thailand. Kami harus menghormat­i tim lawan. Yang jelas, jajaran pelatih dan pemain sudah berdiskusi tentang permainan lawan,’’ kata pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri kemarin. Meski waktu istirahat mepet, Indra tetap percaya diri bisa menang dan merebut tiket final. Kondisi semua pemainnya pun kini tengah bagus. Jajaran pelatih telah berusaha membuat para pemain

recovery dengan lebih cepat. ’’Kami ingin semua pemain besok (hari ini, Red) bisa mencapai kondisi terbaik. Laga nanti kami harus siap, secara taktikal, fisik, kebugaran, dan mental. Mental pemain saya selalu tekankan ini agar selalu percaya diri, fokus, serta optimistis,’’ terang juru taktik berusia 54 tahun itu.

Urusan lini depan, tampaknya, akan menjadi yang paling dia pertimbang­kan. Dalam tiga laga awal, pelatih asal Sumatera Barat itu selalu menurunkan Hanis Saghara Putra sejak menit pertama. Baru pada pertanding­an terakhir melawan Brunei (13/9), giliran M. Rafli Mursalim yang mendapat kesempatan sebagai starter.

Di sisi lain, pelatih Thailand Marc Palacios ogah berkomenta­r banyak soal Indonesia. Meskipum, dia menyebut tim Indonesia sebagai salah satu tim kuat. ’’Mereka ingin mencetak banyak gol. Pemain sayap mereka juga punya kecepatan. Tetapi, kami punya jeda istirahat (sehari, Red) lebih banyak,’’ ujarnya. (dit/c4/ham)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ??
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWAPOS ??
DIKA KAWENGIAN/JAWAPOS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia