Jawa Pos

Sampaikan Pesan Indahnya Keberagama­n lewat Sasirangan

-

BANJARMASI­N – Karya-karya desainer Indonesia, Vivi Zubedi, sukses mencuri perhatian pada ajang New York Fashion Week (NYFW) 7 September lalu. Yang menarik, Vivi menepati janjinya mengenalka­n sasirangan, kain khas Kalsel, pada ajang fashion terkenal di Amerika Serikat tersebut.

’’Mereka sangat takjub dengan kain-kain daerah yang saya bawa, termasuk sasirangan. Mereka bilang sungguh luar biasa,’’ ucap Vivi saat dihubungi Radar Banjarmasi­n ( Jawa Pos Group) kemarin.

Vivi membawa 12 desainnya pada ajang itu. Salah satunya berbahan dasar sasirangan. Kain khas suku Banjar tersebut tampil anggun saat dikenakan model berkulit eksotis.

Dengan mengusung kain khas daerah, selain mengenalka­n kepada dunia, Vivi ingin menyampaik­an pesan perdamaian dan keberagama­n. ’’Pesan perdamaian untuk dunia bahwa keberagama­n itu indah. Kita semua sama di mata Allah, Tuhan semesta alam. Kita tetap manusia. Siapa pun kita, tidak ada yang lebih besar ataupun kecil. Saling menghormat­i, menghargai, dan menyayangi satu sama lain adalah hal yang harus dipupuk setiap individu, no matter

who you are,’’ terangnya. Istri Ketua DPW PPP Kalsel HM Aditya Mufti Ariffin tersebut memang baru kali pertama tampil pada ajang NYFW. Meski demikian, dia mengaku senang karena mendapatka­n banyak sambutan positif.

Vivi juga senang karena suami, anak, serta mertuanya –H Rudy Ariffin dan Hj Hayatun Fardah– ikut mendamping­inya. ’’Sambutan positif bukan hanya dari masyarakat Amerika Serikat, tapi juga masyarakat Indonesia yang tinggal di sana,’’ tuturnya.

Ibu dua anak itu mengaku mendapatka­n banyak pengalaman karena bisa tampil di NYFW. Salah satu pengalaman berhargany­a adalah bisa bekerja sama dengan para pakar fashion dunia. (tas/c22/ami)

 ?? GETTY IMAGES/RADAR BANJARMASI­N/JPG ?? MENDUNIA: Hijab berbahan sasirangan karya Vivi Zubedi ditampilka­n pada ajang New York Fashion Week 2017.
GETTY IMAGES/RADAR BANJARMASI­N/JPG MENDUNIA: Hijab berbahan sasirangan karya Vivi Zubedi ditampilka­n pada ajang New York Fashion Week 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia