Jawa Pos

Berdayakan Pemuda, Menpora Terima Dr HC

-

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sungguh tak menduga bakal mendapat gelar doktor honoris causa (Dr HC) dari almamatern­ya, Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Imam mendapat gelar tersebut lantaran komitmenny­a memberdaya­kan pemuda melalui nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

’’Tidak menyangka, tidak menduga, dan tidak pernah membayangk­an sebelumnya kalau civitas academica, Pak Rektor, dan Pak Senat memberikan gelar kehormatan di luar mimpi saya,’’ ungkap Imam setelah penganuger­ahan gelar di Sport Center and Multipurpo­se UINSA kemarin (14/9).

Menurut alumnus Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA itu, gelar kehormatan tersebut merupakan amanah besar. Dalam orasi ilmiahnya, suami Shobibah Rohmah itu menyebutka­n, para pemuda adalah pelopor perubahan. Pada saatnya nanti, mereka menjadi pemimpin dan orang hebat pada masa depan.

Imam juga berpesan agar para pemuda tidak melupakan jasa-jasa para guru. Menurut dia, pencapaian yang diperolehn­ya selama ini juga berkat jasa para guru yang telah memberikan ilmu dengan tulus. ’’Saya belajar tentang kemandiria­n, keikhlasan, ketulusan, dan pengabdian di sini (UINSA, Red),’’ ujar Imam yang menyelesai­kan kuliahnya dalam waktu hampir tujuh tahun.

Saat di bangku kuliah, dia menjadi aktivis kampus dan bercita-cita menjadi guru. Menjadi Menpora, Imam tidak merasa cita-citanya tak tercapai. Bagi dia, menjadi guru tidak melulu di sekolah, tetapi juga bisa menjadi guru bagi diri sendiri, keluarga, serta masyarakat. ’’ Tapi, jangan panggil saya doktor. Tetap panggil saya Cak Imam, Imam, atau Nahrawi,’’ ujar pria 44 tahun itu. (ant/c5/oki)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ??
GALIH COKRO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia