Jawa Pos

MODAL MENATAP 16 BESAR

-

SURABAYA – Persebaya Surabaya benar-benar memuaskan pendukungn­ya dalam laga pemungkas grup 5 Liga 2 melawan Persinga Ngawi di Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin. Ber pesta empat gol, menampilka­n permainan menghibur, dan ujung-ujungnya memastikan diri sebagai juara grup.

Berkat kemenangan kemarin, Persebaya menjadi juara grup 5 dengan meraih 29 poin, unggul satu angka atas Martapura FC yang kemarin juga menang 4-0 atas tamunya, Madiun Putra. Klub berjuluk Green Force tersebut tergabung di grup C pada babak 16 besar bersama Kalteng Putra, Persigo Semeru FC, dan PSBS Biak.

Bintang dalam pertanding­an kemarin adalah Ricky Kayame. Sejak bergabung dengan Persebaya awal Agustus lalu, striker asal Papua itu memang sempat kesulitan beradaptas­i. Tetapi, kemarin dia meledak. Kolaborasi­nya dengan Irfan Jaya dan Thaufan Hidayat di lini depan menyulitka­n lawan.

Mantan pemain Persipura Jayapura itu juga mencetak gol pertamanya untuk Persebaya pada menit ke-42. Itu puncak dari aksi luar biasanya kemarin, di mana dia berkontrib­usi atas terciptany­a dua gol yang dicetak Irfan Jaya (32’) dan Misbakus Solikin melalui titik penalti (39’).

Gol Irfan tercipta berkat assist Ricky melalui umpan terobosan ke sisi kanan gawang Persinga yang dikawal kiper Bagus Prasetiyo. Lalu, wasit Dafid Priatmoko memberikan hukuman penalti kepada Persinga lantaran pelanggara­n yang dilakukan bek Heri Setiawan saat mengantisi­pasi aksi individu Ricky. Satu gol yang lain dicetak Sidik Saimima yang merupakan gol pertama dalam laga kemarin pada menit ke-25. Menurut pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera, kemenangan telak dalam laga kemarin menunjukka­n pasukannya selalu serius meski sudah pasti lolos ke babak 16 besar. Bukti bahwa mereka selalu memperlaku­kan pertanding­an dengan setara, tim mana pun lawannya.

Selain itu, pujian dialamatka­n kepada performa Ricky yang jauh lebih baik ketimbang beberapa laga sebelumnya. ’’ Yang terpenting tim ini sudah berubah. Bisa jalankan sistem dengan baik,’’ jelas Alfredo. Itu modal menatap 16 besar.

Ricky tentu bahagia dengan gol dan aksi-aksinya kemarin. Selain berterima kasih kepada sang pelatih, dia menilai dukungan dari Bonek dan Bonita memberinya motivasi. ’’Saya bersyukur main bagus kali ini. Ini jawaban saya atas keraguan dan persembaha­n buat Bonek,’’ terangnya. (rid/rpd/c4/ham)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? EKSPLOSIF: Striker Persebaya Irfan Jaya ketika mencetak gol ke gawang Persinga yang dikawal Bagus Prasetiyo di Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS EKSPLOSIF: Striker Persebaya Irfan Jaya ketika mencetak gol ke gawang Persinga yang dikawal Bagus Prasetiyo di Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TERPUKAU: Aksi Abdul Qodir Jaelani alias Dul menghibur penonton sesaat setelah laga Persebaya versus Persinga berakhir.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TERPUKAU: Aksi Abdul Qodir Jaelani alias Dul menghibur penonton sesaat setelah laga Persebaya versus Persinga berakhir.
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TERKESAN: Dari kiri, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Djatmiko, Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Presiden Persebaya Azrul Ananda, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Danrem 084/ Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli di tribun VVIP.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TERKESAN: Dari kiri, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Djatmiko, Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Presiden Persebaya Azrul Ananda, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Danrem 084/ Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli di tribun VVIP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia