Jawa Pos

Stones Sudah Lebihi Ramos

-

ROTTERDAM – Siapa bek tersubur di Liga Champions? Ya, Sergio Ramos-lah orangnya. Selama 13 musim merasakan Liga Champions bersama Real Madrid, 12 gol dilesakkan Ramos, termasuk ke gawang APOEL kemarin dini hari WIB (14/9). Namun, Ramos belum bisa melakukan apa yang dilakukan bek Manchester City John Stones.

Apa itu? Mencetak dua gol sekaligus dalam satu pertanding­an. Stones membuat brace dalam pesta empat gol City ke gawang Feyenoord Rotterdam di De Kuip kemarin dini hari WIB. Dua gol dari heading itu terjadi pada menit ke-2 dan 63.

”Saya tak pernah mencetak gol dalam satu laga. Kalaupun pernah, saya menciptaka­nnya saat saya masih berusia tujuh tahun,” ungkap bek 23 tahun itu saat diwawancar­ai City TV.

Dengan dua gol tersebut, Stones sudah menyamai capaian golnya musim lalu. Jika musim lalu menorehkan­nya dalam 41 pertanding­an, dia musim ini hanya butuh lima pertanding­an.

Terkait gol-golnya kemarin, Stones berterima kasih kepada Kevin de Bruyne yang memberinya assist untuk gol kedua. Gol pertama dari assist David Silva. ”Kev (panggilan De Bruyne) seperti menaruh makanan di atas piring untuk saya dan saya benar-benar tak mau melewatkan­nya. Saya harus bisa terus melakukan finishing seperti ini,” ujar bek yang 60 persen golnya dari heading itu.

Bagi Stones, bukan soal dua gol saja yang membuatnya puas. Membantu gawang City tetap clean sheet jadi capaian gandanya. Di Premier League musim ini, Stones sudah membawa City tidak kebobolan dalam tiga pertanding­an dari empat laga yang dilakoni.

Sebab, meminjam kata-kata Ramos: ”Tugas utama bek adalah bertahan dan dapat mencegah gawang klubnya dari kebobolan”. Kata-kata Ramos itu pun dipertegas dengan pesan dari pelatih City Pep Guardiola kepada Stones. ”Dua golnya memang penting. Tetapi, John tentu paham gap yang harus ditingkatk­annya, khususnya saat dia harus bertahan dari duel-duel,” ucapnya kepada Mirror. Jika itu terpenuhi, Pep yakin Stones bisa seperti Ramos kelak. ”Dia bakal jadi salah seorang bek terbaik di dunia,” imbuhnya. (ren/c10/dns)

 ?? MICHAEL KOOREN/REUTERS ?? DUA GOL: John Stones setelah membobol gawang Feyenoord untuk kali kedua dalam laga di De Kuip. Stones mengantark­an Man City menang 4-0.
MICHAEL KOOREN/REUTERS DUA GOL: John Stones setelah membobol gawang Feyenoord untuk kali kedua dalam laga di De Kuip. Stones mengantark­an Man City menang 4-0.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia