Jawa Pos

Ronaldo Tancap Gas

-

MADRID – Cristiano Ronaldo begitu antusias menyongson­g matchday pertama grup H Liga Champions kemarin dini hari WIB (14/9). Maklum, laga melawan APOEL di Santiago Bernabeu merupakan yang pertama bagi Ronaldo setelah bintang Real Madrid tersebut absen karena skors lima pertanding­an. Skors itu merupakan sanksi atas kartu merah plus dorongan kepada wasit dalam leg pertama Supercopa de Espana di Camp Nou (14/8).

Kembalinya Ronaldo tak pelak membuat Real bergairah setelah dua kali menuai hasil seri dalam dua laga sebelumnya. CR7 mencatatka­n namanya di papan skor pada menit ke-12 dan digandakan lewat penalti enam menit setelah restart. Los Merengues akhirnya menang 3-0 setelah Sergio Ramos mencetak gol chilena ( overhead kick) pada menit ke-61.

’’Saya sangat senang malam ini (kemarin dini hari WIB, Red). Kami memang harus menang di laga ini. Kami bermain di kandang. Kami juga ingin memulai langkah di Liga Champions dengan bagus,’’ kata Ronaldo di situs resmi UEFA.

Dua gol kemarin membuat Ronaldo menjadi pemain paling subur dalam laga kandang di Liga Champions. Dari catatan Opta, 55 gol dibukukan Ronaldo saat tampil di Santiago Bernabeu maupun Old Trafford (saat masih membela Manchester United). Capaian tersebut melewati kompetitor abadinya Lionel Messi yang membikin 54 gol di Camp Nou.

Selain itu, Ronaldo menjadi eksekutor penalti terbaik dalam statistik Liga Champions. Secara keseluruha­n, 12 gol dari titik putih dihasilkan peraih empat kali penghargaa­n pemain terbaik dunia tersebut.

Entrenador Real Zinedine Zidane tak kalah semringah melihat kembalinya Ronaldo. Zidane bahkan menyebut top scorer Liga Champions dalam lima musim terakhir itu semestinya bisa mencetak empat gol. Sayang, satu gol terjebak offside pada menit ke-55, sedangkan satu lainnya (47’) dinyatakan piranti teknologi hawkeye belum melalui garis gawang.

’’Dia (Ronaldo, Red) adalah pemain terbaik di dunia saat ini. Dia bisa berada di mana pun untuk membuat gol,’’ kata Zidane sebagaiman­a diberitaka­n ESPN. ’’Kalau sedang dalam performa terbaik, empat gol adalah sesuatu yang biasa baginya,’’ imbuhnya.

Sementara itu, tandem Ronaldo, Gareth Bale, kembali mendapatka­n boo mirip suara peluit dari penonton di Bernabeu. Meski gol pertama Ronaldo merupakan assist bintang timnas Wales tersebut, upaya itu sepertinya kurang memuaskan bagi Madridista.

’’Saya tidak mendengar siulan yang ditujukan kepada Bale. Malah yang saya dengar adalah aplaus. Setelah absen empat bulan, dia butuh waktu untuk kembali ke performa terbaiknya,’’ ujar Zidane.

Dengan cedera hamstring yang dialami Karim Benzema dan menyusul Marco Asensio, Zidane tidak memiliki banyak opsi di lini serang selain menduetkan Ronaldo dan Bale. Itu karena hanya ada Borja Mayoral dan Lucas Vazquez yang tersisa.

Mayoral yang masih 20 tahun memang belum bisa diharapkan terlalu banyak meski sudah dimainkan dalam dua laga musim ini. Di sisi lain, Vazquez dianggap angin-anginan performany­a. (dra/c22/dns)

 ?? SERGIO PEREZ/REUTERS ?? BRACE: Cristiano Ronaldo memborong dua dari tiga gol kemenangan Real Madrid atas APOEL di Santiago Bernabeu kemarin dini hari WIB (14/9).
SERGIO PEREZ/REUTERS BRACE: Cristiano Ronaldo memborong dua dari tiga gol kemenangan Real Madrid atas APOEL di Santiago Bernabeu kemarin dini hari WIB (14/9).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia