Jawa Pos

Kembali Datangkan Marra Awal 2018

-

JAKARTA – PB PASI mengambil langkah strategis untuk meningkatk­an prestasi atletatlet atletik yang menghuni pelatnas. Mereka menetapkan program jangka panjang untuk jalinan kerja sama dengan Harry Marra, pelatih saptalomba dan dasalomba dari Amerika Serikat. Harry kembali didatangka­n demi prestasi atletik pada Asian Games 2018.

Tahun ini Harry sudah dua kali berkunjung ke Indonesia untuk memberikan pelatihan terhadap atlet sekaligus para pelatihnya. Hasilnya? Indonesia akhirnya bisa mendulang 5 emas, 3 perak, dan 10 perunggu pada SEA Games di Malaysia. ’’Nanti coach Harry akan datang lagi awal tahun,’’ kata Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

Rencana lain PASI adalah mengirimka­n sejumlah atlet ke Amerika Serikat untuk berlatih langsung dengan Harry. Namun, opsi tersebut merupakan alternatif terakhir yang disiapkan. Sebab, konsep awal kerja sama itu ialah Harry datang ke Indonesia. ’’Lagi pula kalau kami yang ke luar negeri, bakal dibutuhkan banyak biaya dan penyesuaia­n iklim,’’ ucap Tigor.

Menuju Asian Games 2018, Harry disiapkan datang dua kali ke Indonesia. Pertama, pada Januari–Februari 2018. ’’Lalu, yang kedua, pada Juni hingga pelaksanaa­n Asian Games, dia akan memantau perkembang­an atlet pelatnas,’’ ujar pria berkacamat­a tersebut.

Salah satu terobosan yang diperkenal­kan Harry, bentuk latihan yang tidak monoton. Misalnya, berlatih di kolam renang ataupun menggunaka­n medicine ball. Demikian pula berlatih dengan memakai ring basket.

Emilia Nova, atlet saptalomba Indonesia, mengaku disarankan berlatih melakukan dunk dalam persiapan menuju SEA Games. Itu membantuny­a tampil di nomor lompat tinggi. ’’Banyak solusi teknis yang kami dapatkan,’’ ungkapnya. (nap/c20/ady)

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? KEMAJUAN PESAT: Harry Marra mengawasi latihan tim atletik sebelum ke SEA Games 2017 Juli lalu.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS KEMAJUAN PESAT: Harry Marra mengawasi latihan tim atletik sebelum ke SEA Games 2017 Juli lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia