Jawa Pos

TNI-AL Simulasi Aksi Terorisme di Bandara

-

SIDOARJO – Calon penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Internasio­nal Juanda mendapatka­n suguhan menarik sekaligus mengejutka­n kemarin (14/9). Aksi simulasi pelepasan sandera di bandara ditampilka­n secara serius oleh pasukan pengamanan dari TNI-AL. Ada dua skenario yang disimulasi­kan, yakni penyandera­an di area terminal dan di dalam pesawat.

Aksi di area terminal dilakukan seorang lelaki yang menyandera seorang perempuan. Keduanya tiba-tiba muncul di tengah keramaian dan lalu-lalang calon penumpang. Tentu, calon penumpang yang tidak mengetahui skenario tersebut langsung minggir.

Sang aktor yang mengenakan jaket hitam terus berteriak. Korban sandera pun semakin histeris. Petugas keamanan dari TNI-AL dan Avian Securty (Avsec) langsung menyikapi insiden itu.

Letusan pistol berbunyi. Keadaan semakin gawat. Petugas keamanan TNI-AL langsung mengontak pa- sukan khusus TNI-AL, yakni Komando Pasukan Katak (Kopaska). Aksi penyandera­an terus berlangsun­g.

Tidak lama, tim Kopaska tiba di lapangan. Pasukan itu melumpuhka­n sang penyandera dengan mudah. Penyelamat­an tidak berhenti sampai di situ. Pasukan Kopaska tetap menyisir seluruh area Terminal 2 Bandara Internasio­nal Juanda.

Tuntas di area terminal, muncul informasi baru. Yakni, pesawat maskapai Garuda Indonesia mendapatka­n ancaman teror. Aparat pun berpindah fokus.

Sebelum bertindak, tim melakukan pemetaan. Ada tiga teroris yang mengancam nyawa penumpang.

Komandan Pusat Penerbanga­n Angkatan Laut (Puspenerba­l) Juanda Laksamana Pertama Manahan Simorangki­r mengatakan, Bandara Juanda termasuk bagian wilayah TNI-AL. Karena itu, TNI-AL memiliki tanggung jawab untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah itu. (riq/c25/ano)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BIAR SIAP: Petugas TNI-AL menodong seorang teroris yang telah dibekuk dalam simulasi di Bandara Juanda kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BIAR SIAP: Petugas TNI-AL menodong seorang teroris yang telah dibekuk dalam simulasi di Bandara Juanda kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia