Jawa Pos

Adu Merdu Rebut Gelar Terbaik

-

SURABAYA – Kompetisi paduan suara tahunan di Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali digelar. Kemarin (14/9) peserta dari beberapa daerah di Jawa Timur berkumpul di auditorium kampus tersebut. Mereka berlomba untuk menjadi tim terbaik.

Kompetisi yang diselengga­rakan mulai pukul 13.00 itu diikuti 15 peserta paduan suara. Mulai tingkat SMA hingga perguruan tinggi. Suara-suara merdu anggota paduan suara berpadu secara harmonis. Salah satunya Univer si tas Katolik ( Unika) Darma Cendika Surabaya.

Dalam perlombaan tersebut, mereka membawakan dua lagu. Yakni, lagu wajib Indonesia Pusaka dan lagu bebas berjudul Sleep. ’’Sudah latihan 16 kali,’’ ujar Erina. Mahasiswi Unika Darma Cendika jurusan akuntansi itu mengaku baru kali pertama mengikuti perlombaan tersebut. ’’Saya masih semester III,’’ katanya.

Erina yang bertugas di tim suara sopran berupaya dengan sebaik-baiknya. Dia berharap timnya bisa keluar sebagai juara. Sementara itu, tim dari tingkat SMA juga tidak mau kalah. Salah satunya SMAN 16 Surabaya. Dalam kompetisi tersebut, mereka membawakan lagu Tanah Airku dan lagu khas Banyuwangi berjudul Impen-impenen.

Menurut penjelasan Ketua Panitia Festival 2017 Roihan Firdaus Nurisselai­n, selain paduan suara, ada lomba kasidah rebana dan vocal group. ’’Ini merupakan agenda tahunan UKM Paduan Suara Mahasiswa UINSA,’’ tuturnya.

Mahasiswa semester VII Jurusan Hukum Keluarga Islam UINSA tersebut memerinci jumlah peserta. Di kompetisi kasidah rebana ada dua kategori. Yakni, kategori dewasa atau ibu-ibu dengan jumlah peserta 9 tim dan remaja 5 tim. Kemudian, untuk vocal group kategori umum ada 6 tim.

Dalam setiap kompetisi, panitia menyediaka­n tiga dewan juri yang ahli di bidangnya. Penilaian berdasar ketepatan tempo, aransemen lagu, dan penampilan setiap peserta.

Pada perlombaan paduan suara, setiap tim mendapatka­n waktu 15 menit. Mereka membawakan dua lagu. Yakni, satu lagu wajib dari panitia dan satu lagu bebas yang mereka pilih sendiri. ’’Kami menyediaka­n 20 lagu wajib. Ada lagu nasional, budaya, dan Indonesia,’’ imbuhnya. (ant/c19/jan)

 ?? GALIH COKRO / JAWA POS ?? KOMPAK: Sixteen Choir Group dari SMAN 16 Surabaya membawakan lagu Impen-impenen dari Banyuwangi. Mereka berkompeti­si dengan 14 peserta lainnya.
GALIH COKRO / JAWA POS KOMPAK: Sixteen Choir Group dari SMAN 16 Surabaya membawakan lagu Impen-impenen dari Banyuwangi. Mereka berkompeti­si dengan 14 peserta lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia