Jawa Pos

Pamer Teknologi Canggih plus Edukasi

Indonesia Apparel Production Expo 2017 Dukung Perkembang­an Industri Pakaian

-

SETELAH Solo, Makassar, dan Bali, giliran Surabaya yang dipilih More Media Kreasi sebagai tuan rumah road show Indonesia Apparel Production Expo (IAPE) 2017. Pameran yang diadakan di JX Internatio­nal Expo Surabaya itu resmi dibuka kemarin (14/9).

IAPE 2017 menghadirk­an berbagai produk industri pakaian, mulai hulu hingga hilir. Sebanyak 24 perusahaan besar hadir dalam ajang yang sudah tiga kali diadakan di Surabaya tersebut. Mulai perusahaan penyedia bahan kain, supplier sablon, penyedia mesin garmen, konfeksi,

digital apparel, laser, engraving, hingga peralatan pendukung lain yang terkait dengan industri produksi pakaian juga turut meramaikan pameran tersebut.

”Kalau kita lihat tren industri produksi pakaian di Indonesia cukup bagus karena Indonesia merupakan pasar yang paling bagus dengan jumlah pendudukny­a yang 250 juta jiwa dan semuanya butuh pakaian. Pameran ini hadir untuk mendukung potensi industri pakaian,” ujar CEO More Media Kreasi Aulia Sunhandika.

Surabaya dipilih sebagai lokasi perhelatan keempat IAPE 2017 karena tren industri produksi pakaian di Jawa Timur terbilang cukup bagus. ”Sebenarnya yang menjadi barometer perkembang­an industri konfeksi adalah Solo, Bandung, dan Surabaya. Namun, saat ini sudah mulai melebar ke daerah-daerah lain, seperti Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto,” jelas Aulia.

Ajang yang akan berlangsun­g hingga 19 September itu juga menjadi sarana komunikasi dan edukasi yang efektif bagi pelaku bisnis industri pakaian serta masyarakat umum. Sebab, pengunjung akan disuguhkan edukasi terkait produk-produk industri pakaian dengan teknologi terbaru dari Jepang, Tiongkok, dan Amerika Serikat, mulai garmen, konfeksi, sablon, hingga digital printing. Masyarakat umum bisa mendapatka­n infromasi terbaru dan menangkap peluang bisnis pakaian.

Peserta pameran benar-benar memanfaatk­an momen untuk memamerkan kecanggiha­n teknologi terbaru pada masing-masing produknya. Tak ketinggala­n, para peserta pameran juga memberikan penawaran spesial selama IAPE 2017. ”Bagi pelaku bisnis industri pakaian,

event ini bisa dimanfaatk­an karena banyak mesin berteknolo­gi baru yang bisa mengefisie­nkan biaya produksi guna meningkatk­an kualitas dan produksi,” kata alumnus Universita­s Gadjah Mada itu.

Aulia optimistis pencapaian tahun ini bisa melampaui pencapaian tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya menarget setidaknya 4.000 pengunjung setiap hari hadir di IAPE 2017. Kehadiran event tersebut juga diharapkan mampu mendorong industri kreatif. Sebab, IAPE 2017 dihadiri beberapa pelaku usaha kreatif.

”Harapan kami, masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya, bisa memanfaatk­an pameran ini untuk menyerap informasi terkait kemajuan teknologi di bidang industri produksi pakaian,” pungkasnya. (zul/ran)

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ??
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS
 ??  ??
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? DIGITAL PRINTING: Pola gambar di-press bersama kain menggunaka­n mesin heat press.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS DIGITAL PRINTING: Pola gambar di-press bersama kain menggunaka­n mesin heat press.
 ??  ?? READY-TO-WEAR: Setelah diberi label dengan mesin produksi label, kaus siap dipasarkan.
READY-TO-WEAR: Setelah diberi label dengan mesin produksi label, kaus siap dipasarkan.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? TOUCH SCREEN: Mesin bordir dengan teknologi terbaru. Bisa digunakan untuk usaha konfeksi skala besar (foto bawah).
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS TOUCH SCREEN: Mesin bordir dengan teknologi terbaru. Bisa digunakan untuk usaha konfeksi skala besar (foto bawah).
 ??  ?? BANYAK PILIHAN: Tersedia mesin jahit kain otomatis dan portabel serta mesin jahit karet dan mesin bordir otomatis.
BANYAK PILIHAN: Tersedia mesin jahit kain otomatis dan portabel serta mesin jahit karet dan mesin bordir otomatis.
 ??  ?? PROSES CEPAT: Mesin pencetak screen master sablon.
PROSES CEPAT: Mesin pencetak screen master sablon.
 ??  ?? LEBIH MUDAH: Mesin pembuat pola baju (atas) dan pemotong kain.
LEBIH MUDAH: Mesin pembuat pola baju (atas) dan pemotong kain.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ??
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia