Jawa Pos

Taklukkan Jembatan Soekarno sebelum ke Suramadu

-

MANADO – Event lari terbesar di Manado digelar hari ini (16/9). Sebanyak 1.500 pelari dari berbagai kota di Indonesia akan merasakan sensasi berlari di atas Jembatan Ir Soekarno dalam event Manado Post Road to Jawa Pos Fit Manado

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y akan melepas peserta dari kawasan Manado Town Square (Mantos).

Peserta kategori 10K akan dilepas terlebih dahulu pada pukul 06.30 waktu setempat. Selang 10 menit kemudian, kategori 5K menyusul. Tiap-tiap kategori diikuti 750 peserta.

”Antusiasme masyarakat Manado cukup besar. Kuota 1.500 peserta yang kami sediakan semuanya sold-out,” kata Senior Manager PT Jawa Pos Koran Rensi Dewi Bulan.

Dari race village di Mantos, peserta akan berlari menyusuri Jalan Piere Tendean ke arah utara. Para peserta, baik kategori 5K maupun 10K, bakal melintasi Jembatan Soekarno sepanjang 1.127 meter. Di atas jembatan yang diresmikan pada Mei 2015 itu, runners bisa menikmati pemandanga­n indah. Baik dari sisi barat maupun timur.

Selain pemandanga­n aktivitas pelabuhan dengan kapal-kapal yang berlabuh, peserta dapat melihat padatnya Manado. Dari atas jembatan itu juga terlihat Gunung Manado Tua dan Taman Laut Bunaken. Peserta 10K dua kali melintasi jembatan. Sebab, di kilometer 5 mereka akan memutar balik menuju finis di Mantos.

Menurut Rensi, panitia telah menyiapkan race dengan standar internasio­nal. Panitia bekerja sama dengan Polda Sulut dan Polresta Manado akan menjaga rute tetap steril. Itu dilakukan agar peserta merasa aman dan nyaman saat mengikuti race.

Puluhan marshal dikerahkan di sepanjang rute untuk meng- arahkan peserta. Untuk mencegah dehidrasi, panitia menempatka­n water station di setiap 2,5 km. Akan disediakan air mineral dan minuman isotonik. ”Peserta kami harapkan memanfaatk­an water station semaksimal mungkin untuk menghindar­i dehidrasi,” tutur Rensi. Di setiap water station juga disediakan tenaga medis untuk membantu peserta yang mengalami masalah.

Panitia juga menerapkan batas waktu lomba bagi peserta. Untuk 10K cut-off time (CoT)-nya ditetapkan 2 jam. Sedangkan untuk kategori 5K, limitnya adalah 1 jam. Peserta yang finis di bawah CoT berhak mendapatka­n medali dan merchandis­e. Sesuai standar IAAF (Federasi Atletik Dunia) dan PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), peserta harus melewati seluruh checkpoint yang ada untuk dijadikan pemenang.

Pemenang kategori 5K dan 10K mendapatka­n tiket gratis mengikuti Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 di Jembatan Suramadu, Surabaya, pada 12 November 2017. Total ada 12 golden ticket menuju Suramadu. Masing-masing tiga untuk kategori 5K putra, 5K putri, 10K putra, dan 10K putri.

Manado Pos Road to Jawa Pos Fit Manado merupakan pre-event keempat yang diadakan Jawa Pos. Sebelumnya event serupa digelar di Makassar, Tenggarong, dan Palembang. Puncaknya adalah Jawa Pos Fit East Java Marathon.

Rensi kembali mengingatk­an para peserta untuk tidak memberikan atau meminjamka­n bib number kepada orang lain. Selain melanggar peraturan lomba, juga berbahaya apabila ternyata yang menggunaka­n bib number tidak siap secara fisik mengikuti race. (c9/tom)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TANTANGAN: Suasana di dermaga Jembatan Ir Soekarno, Manado, kemarin (15/9).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TANTANGAN: Suasana di dermaga Jembatan Ir Soekarno, Manado, kemarin (15/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia