Jawa Pos

Parlemen Lepas Kepergian Azhar Romli

Sempat Ikut Rapat sebelum Meninggal

-

JAKARTA – Kabar meninggaln­ya anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Azhar Romli membuat kaget para anggota dewan, khususnya koleganya di Komisi IV DPR. Sebelum meninggal, politikus senior Partai Golkar itu sempat hadir dalam rapat pembahasan panitia kerja (panja) di komisi IV.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron menyatakan, Azhar sempat hadir dalam konsinyeri­ng Panja RUU Sistem Budi Daya Tanaman serta RUU Konservasi Keanekarag­aman Hayati dan Ekosistemn­ya. Saat itu tidak tampak tanda-tanda bahwa Azhar akan mendapat serangan jantung yang menjadi penyebab meninggaln­ya.

”Segar bugar saya melihatnya. Jam 19.00, Pak Azhar sudah masuk ruangan rapat dan saya minta Azhar untuk makan malam dulu,” kata politikus Partai Demokrat tersebut.

Menurut Herman, di tengah rapat, Azhar meminta izin untuk keluar dan mengatakan segera kembali. Namun, Herman tidak menyangka mendapat kabar bahwa politikus berusia 62 tahun tersebut meninggal dunia pada pukul 20.25 kemarin. Sebagai kolega di komisi IV, Herman menilai sosok Azhar sebagai politikus yang aktif. ”Beliau orang baik, rajin masuk, lebih banyak tersenyum saat diajak bercanda,” ujarnya.

DPR kemarin langsung menggelar penghormat­an terakhir bagi Azhar. Sekitar pukul 09.30 jenazah tiba di kompleks parlemen dan langsung disemayamk­an di Gedung Nusantara DPR. Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmi­ta didapuk sebagai inspektur upacara.

Upacara kemarin merupakan penghormat­an dan penghargaa­n dari negara atas jasa serta darmabakti Azhar yang sudah menjadi anggota dewan sejak 1997. ”Kami menyaksika­n langsung ketekunan, semangat, dan dedikasi yang besar atas tugas-tugas almarhum,” kata Agus. (bay/c11/fat)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? BERPULANG: Prosesi penghormat­an terakhir meninggaln­ya anggota DPR Azhar Romli di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (15/9).
HENDRA EKA/JAWA POS BERPULANG: Prosesi penghormat­an terakhir meninggaln­ya anggota DPR Azhar Romli di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (15/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia