Jawa Pos

Ciptakan Karya Berkelas, Bukti Bonek Berubah

Kapal Api Bonek Fair Dihadiri 12 Ribu Suporter

-

SURABAYA – Parkir Timur Plaza Surabaya penuh tadi malam (15/9) ketika 12 ribuan Bonek menghadiri Kapal Api Bonek Fair. Ajang unjuk kreativita­s Bonek itu berlangsun­g heboh.

Sejak pukul 15.00, Bonek datang dengan mengenakan atribut lengkap bak menonton laga Green Force di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Beberapa stan merchandis­e, baik Persebaya Store maupun karya suporter, dipadati pengunjung.

Musik Patrol Bonek, Ludruk Bonek, Reog Bonek, dan Orkes Djengki menjadi suguhan awal di Parkir Timur Plaza Surabaya. Selanjutny­a, penampilan 10 finalis Lomba Cipta Persebaya Anthem menjadi suguhan utama. Mereka adalah 10 pencipta terbaik di antara total 300 peserta yang berpartisi­pasi.

Karya finalis ditampilka­n di hadapan empat dewan juri. Tiga di antaranya adalah musisi papan atas tanah air, Maia Estianty, Andra Ramadhan, dan Roy Jeconiah. Plus juri yang juga legenda Persebaya, Mat Halil.

Band Satoe Nyali mengiringi para finalis menampilka­n karyanya. Band Satoe Nyali merupakan kumpulan musisi top Surabaya, Henry Limahelu (Boomerang) dan Oni Fathoni (eks gitaris Base Jam).

Salah satu karya berjudul Bonek Wani Sak Sembarange, ciptaan Rahyudo Lumaksono, berhasil membius 12 ribuan Bonek yang datang. Mereka ikut bergoyang dan bernyanyi walaupun baru pertama mendengark­an anthem tersebut. Lirik yang mudah diingat lewat bahasa Suroboyoan membuat Bonek sangat menikmati karya suporter Persebaya dari Batam tersebut.

’’Banyak kata-kata Wani yang bikin saya suka,’’ ucap Andra menilai

karya Rahyudo tersebut.

Yang tidak kalah seru adalah ketika Presiden Klub Persebaya Azrul Ananda ’’dikerjai’’ pemain untuk menjadi dirigen dadakan. Diawali chant Kau Tak Kan

Sendirian, Azrul yang berduet dengan Capo Ipul sukses membawa suasana Gelora Bung Tomo ke Parkir Timur Plaza Surabaya.

Managing Director OMD Brand Provocator Kapal Api Sulaiman Effendi sangat mengapresi­asi Bonek Fair. ’’Ini menjadi bukti bahwa Bonek benar-benar sudah berubah. Sudah kreatif dan jauh dari gambaran negatif,’’ katanya.

Maia berharap event itu bisa menjadi wadah Bonek untuk berkreasi. Bisa jadi cara untuk menghilang­kan anggapan negatif publik selama ini. ’’Saya harap Bonek bisa menjaga nama Persebaya dan Surabaya dengan baik,’’ ungkapnya. (rid/c5/ang)

 ?? CHANDRA SATWIKA /JAWA POS ?? PERDANA LANGSUNG HEBOH: Suasana Kapal Api Bonek Fair di Parkir Timur Plaza Surabaya yang dipadati sekitar 12.000 Bonek tadi malam.
CHANDRA SATWIKA /JAWA POS PERDANA LANGSUNG HEBOH: Suasana Kapal Api Bonek Fair di Parkir Timur Plaza Surabaya yang dipadati sekitar 12.000 Bonek tadi malam.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SUROBOYO POL: Persiden Klub Persebaya Azrul Ananda (kiri) dan Brand Manager Kapal Api Purnomo Wijaya saat menyerahka­n plakat kepada Rahyudo Lumaksono sang juara pertama.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SUROBOYO POL: Persiden Klub Persebaya Azrul Ananda (kiri) dan Brand Manager Kapal Api Purnomo Wijaya saat menyerahka­n plakat kepada Rahyudo Lumaksono sang juara pertama.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KAGUM: Dari kiri, Maia Estianty, Andra Ramadhan, Mat Halil, dan Roy Jeconiah saat menjadi juri lomba cipta anthem Persebaya.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KAGUM: Dari kiri, Maia Estianty, Andra Ramadhan, Mat Halil, dan Roy Jeconiah saat menjadi juri lomba cipta anthem Persebaya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia