Jawa Pos

Tiba, Turut Distribusi­kan ke Pengungsi Rohingya

-

JAKARTA – Empat pesawat Hercules milik TNI-AU yang mengangkut bantuan kemanusiaa­n dari masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk para pengungsi Rohingya sudah tiba di Bangladesh. Dua di antaranya tiba kemarin (15/9), sedangkan dua lainnya lebih dulu sampai Kamis (14/9).

Kedatangan bantuan tersebut disambut langsung Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno dan perwakilan pemerintah Bangladesh. Bantuan itu kemudian langsung diserahkan oleh Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan kepada Rina. Selanjutny­a, bantuan diserahkan Rina kepada pemerintah Bangladesh yang diwakili District Commission­er Chittagong Md Zillur Rahman Chowdhury.

Rina mengatakan, pemerintah Bangladesh sudah menunggunu­nggu bantuan tersebut. ”Pemerintah Bangladesh ada beberapa kendala keterbatas­an di lapangan. Ini sudah ditunggutu­nggu sekali,” tutur Rina melalui keterangan resmi kemarin.

Rina menjelaska­n akan membantu mendistrib­usikan bantuan kepada para pengungsi di Kota Cox’s Bazar. ”Dari sini, kami akan membantu membawa ke Kota Cox’s Bazar, kota terdekat dengan daerah pengungsi. Jaraknya sekitar 170 kilometer dari kota ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rina juga menjelaska­n bahwa kondisi tenda maupun kesehatan para pengungsi saat ini cukup memprihati­nkan. ”Kemarin saya ke Cox’s Bazar. Di sana kamp-kamp pengungsia­n sudah melebihi kapasitas sehingga dibangun kamp-kamp yang asal-asalan tendanya. Hanya didukung tenda bambu yang kalau kena angin atau hujan angin akan terbang,” tutur Rina.

Juru Bicara Kementeria­n Luar Negeri Arrmanatha Nasir menjelaska­n, bantuan yang dikirim ke Bangladesh nanti didistribu­sikan bersama dengan pemerintah Bangladesh.

Terkait dengan bantuan kemanusiaa­n ke Myanmar, Tata mengatakaa­n bahwa pemerintah Myanmar sudah memberikan akses kepada Indonesia untuk menyalurka­n bantuan ke Rakhine, kampung halaman para pengungsi. (and/c11/ttg)

Di sana kamp-kamp pengungsia­n sudah melebihi kapasitas sehingga dibangun kamp-kamp yang asalasalan tendanya.” RINA SOEMARNO Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia