Jawa Pos

Awal Sempurna Wakil Italia

-

WINA – Wakil Italia memang babak belur pada matchday pertama Liga Champions. Namun, cerita berbeda ditunjukka­n klub-klub Serie A di Europa League. AC Milan, Napoli, dan Atalanta menorehkan awal sempurna di kompetisi kasta kedua Eropa itu.

Milan menang telak 5-1 atas tuan rumah Austria Wina. Lalu, Lazio menang dramatis atas Vitesse Arnhem di Belanda. Selanjutny­a, Atalanta berpesta dengan menggilas Everton tiga gol tanpa balas.

Bagi Milan, kemenangan besar di kandang Austria Wina kemarin merupakan respons atas hasil buruk di Serie A Minggu lalu (10/9). Ketika itu, Milan dibantai Lazio dengan skor 1-4. Tiga di antara lima gol Milan pada laga di Stadion Ernst Happel tersebut diborong Andre Silva pada menit kesepuluh, 20’, dan 56’. Dua gol lainnya dibagi rata Hakan Calhanoglu (7’) dan Suso (63’).

’’Kekalahan dari Lazio memberikan tekanan kepada kami. Namun, hari ini (kemarin, Red) saya suka dengan semangat dan interpreta­si para pemain selama pertanding­an,’’ ucap pelatih Milan Vincenzo Montella kepada Sky Sport Italia.

Sukses Milan bangkit dari hasil memalukan tersebut tak le- pas dari keputusan jitu Montella. Dia berani memainkan formasi dengan skema tiga bek. Itu juga menjadi hasil positif pertama Milan dengan skema anyar tersebut.

’’Sebenarnya, kami sudah merencanak­an itu (tiga bek, Red) sejak awal. Hanya, kami menunggu Alessio Romagnoli pulih lebih dulu,’’ ujar pelatih 43 tahun tersebut.

Pola tiga bek tengah membuat Milan bisa lebih bereksplor­asi. Dua wingback yang diisi Ignazio Abate dan Luca Antonelli yang menggantik­an Andrea Conti serta Ricardo Rodriguez juga tampil apik. Montella juga kali pertama menduetkan dua penyerang baru mereka jadi starter, Silva dan Nikola Kalinic.

Tak lupa, apresiasi diberikan Montella kepada Calhanoglu. Gelandang timnas Turki itu menjadi pemain kunci dengan mencetak satu gol dan membukukan dua assist. ’’Performa Calhanoglu malam ini (kemarin, Red) luar biasa. Umpan-umpannya berbahaya dan gol pembukanya bagi kami mampu meningkatk­an percaya diri,’’ sambung Montella.

Nah, yang paling fenomenal adalah Atalanta. Dengan tiga bek, mereka sukses menekuk wakil Premier League Everton. Padahal, Everton punya skuad yang lebih gemerlap. Tapi, Andrea Masiello (27’), Alejandro Gomez (41’), dan Bryan Cristante (44’) berhasil memaksa Everton pulang dengan kepala tertunduk.

’’Banyak hal yang berjalan dengan salah. Kami hanya sedikit lebih baik pada sepuluh menit awal,’’ kata pelatih Everton Ronald Koeman kepada BT Sport. (io/c22/bas)

 ?? GEORG HOCHMUTH/AFP PHOTO ?? START MULUS: Andre Silva (kanan) meluapkan kegembiraa­n setelah mencetak gol ke gawang Austria Wina dengan memeluk Hakan Calhanoglu.
GEORG HOCHMUTH/AFP PHOTO START MULUS: Andre Silva (kanan) meluapkan kegembiraa­n setelah mencetak gol ke gawang Austria Wina dengan memeluk Hakan Calhanoglu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia