Jawa Pos

Tegakkan Kepala, Masih Ada Esok

-

YANGON – Begitu sepakan M. Rifad Marasabess­y gagal menaklukka­n kiper Thailand Kantaphat Manpati dalam drama adu penalti di semifinal Piala AFF U-18 2017 kemarin, para pemain timnas U-19 Indonesia langsung terpukul. Semua pemain menangis karena kegagalan melaju ke final. Mereka kalah 2-3.

Kapten timnas U-19 Indonesia Rachmat Irianto juga tak kuasa menahan air mata, meski tetap berupaya tegar dan menghibur rekanrekan­nya. ”Memang kami semua sedih dengan hasil ini. Tapi, kami tidak boleh larut dalam kesedihan. Di pertanding­an berikutnya (perebutan peringkat ketiga, Red), kami harus bisa meraih kemenangan. Sekarang kami harus istirahat dan besok (hari ini, Red) memikirkan laga itu,” ungkap bek Persebaya Surabaya tersebut.

Ya, karena kekalahan itu, Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Myanmar dalam perebutan peringkat ketiga di Stadion Thuwunna, Yangon, besok. Myanmar tadi malam kalah adu penalti melawan Malaysia 4-5. Final akan mempertemu­kan Thailand versus Malaysia.

Setelah hanya bermain imbang tanpa gol pada waktu normal, akhirnya Indonesia tumbang 2-3 dalam adu penalti. Hanya dua eksekutor Indonesia yang sukses menjalanka­n tugas, yakni Egy Maulana Vikri dan M. Luthfi Kamal Baharsyah. Sebaliknya, M. Iqbal, Nurhidayat Haji Haris, dan M. Rifad Marasabess­y gagal.

Performa kiper Thailand Kanthapat Manpati memang luar biasa dalam laga kemarin. Selain menggagalk­an tiga penalti, dia tampil bagus di waktu normal dengan melakukan delapan penyelamat­an. Kalau tiga eksekutor Indonesia gagal, dari Thailand hanya satu yang gagal, yakni Kritsada Kaman.

Selain Kritsada yang merupakan kapten sekaligus penendang pertama, tiga eksekutor lainnya, Nattawut Cootiwat, Chokanan Saima-In, dan Teerapat Laohabut, mampu menjalanka­n tugas dengan baik.

Sejatinya, Indonesia bermain cukup baik dalam laga kemarin. Meski tidak memegang kendali, catatan tembakan Indonesia ke gawang lawan lebih baik. Apalagi, tidak mudah bagi Indonesia yang hanya bermain dengan 10 orang selama babak kedua akibat kartu merah winger Saddil Ramdani pada akhir babak pertama.

Pemain Persela Lamongan itu terlihat melakukan sikutan kepada pemain Thailand Wudtichai Kumkeam sesaat sebelum wasit meniup peluit berakhirny­a babak pertama. Saddil baru masuk pada injury time babak pertama menggantik­an Feby Eka Putra. Sebelum sengaja menyikut, Saddil didengkul Wudtichai. Tampaknya, wasit Clifford Daypuyat tidak memperhati­kan dengan saksama kejadian tersebut.

Insiden itu terjadi tepat di depan pelatih Indra Sjafri. Menurut dia, Saddil tidak pantas mendapatka­n kartu merah langsung. ”Saya juga menyayangk­an itu kartu merah, padahal mungkin seharusnya kartu kuning dulu,” ujarnya.

Indra terpaksa menarik ke luar Feby lantaran winger asal Mojokerto itu memang mengeluh kram sejak menit ke-15. ”Dia sudah memaksakan diri sejak itu. Kalau tidak diganti malah berakibat fatal nanti. Makanya, tanpa menunggu babak pertama habis, kami ganti,” imbuh pelatih 54 tahun itu.

Kemenangan tersebut menjadi kebanggaan besar bagi pelatih Thailand Marc Alavedra Palacios. Menurut pelatih asal Spanyol itu, menumbangk­an Indonesia merupakan salah satu capaian bagus. Sebab, menurut dia, Indonesia merupakan salah satu tim besar di turnamen tersebut. (*/c17/ham)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? BERUNTUNG: Para pemain Thailand merayakan kemenangan atas Indonesia dalam semifinal Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS BERUNTUNG: Para pemain Thailand merayakan kemenangan atas Indonesia dalam semifinal Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, kemarin.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? SIAL: Wasit Clifford Daypuyat memberikan kartu merah kepada winger timnas U- 19 Indonesia Saddil Ramdani.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS SIAL: Wasit Clifford Daypuyat memberikan kartu merah kepada winger timnas U- 19 Indonesia Saddil Ramdani.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia