Jawa Pos

Aksi Egy Bikin Senang Penonton

-

MESKI tim tuan rumah Myanmar baru bermain malam, Stadion Thuwunna, Yangon, ramai sejak sore, ketika timnas U-19 Indonesia bermain melawan Thailand dalam semifinal Piala AFF U-18 2017 kemarin. Sekitar 7 ribu penonton memadati stadion pada laga itu.

Nah, penonton asal Myanmar yang memenuhi tribun barat dalam laga kemarin ternyata memberikan dukungan kepada Indonesia. Terutama kepada bintang lini serang Egy Maulana Vikri. Tatkala Egy menggiring bola atau melepaskan tembakan, teriakan ”Indo, Indo, Indo!” terdengar kencang.

Mereka juga ikut kecewa ketika tembakan pemain bernomor punggung 10 itu diblok kiper Thailand Kanthapat Manpati. Para penonton tuan rumah seolah memberikan dukungan terhadap aksi- aksi individu yang ditampilka­n Egy. Total, ada lima tembakan Egy yang selalu mendapat apresiasi dari penonton.

”Kami sudah melihat penampilan­nya saat melawan Myanmar (5/7). Dia mencetak dua gol di laga tersebut. Selain itu, permainann­ya terlihat sangat berpengaru­h untuk tim. Dia pemain muda yang bagus,” ujar Ye Lin Naing, penonton, kepada Jawa Pos.

Namun, tidak semua penonton memberikan dukungan untuk Indonesia. Banyak juga penonton yang menyokong Thailand. Mereka memberikan tepuk tangan meriah ketika Thailand memastikan kemenangan melalui adu penalti 3-2 kemarin. Teriakan ” Thailand, Thailand, Thailand!” bergema setelah laga.

”Indonesia mengalahka­n kami di laga perdana. Memang (Indonesia, Red) bermain bagus. Tapi, itu sempat menyakiti hati kami. Itu terbalas dengan keberhasil­an Thailand mengalahka­n mereka,” ungkap Nay Lwin Aung, penonton yang lebih mendukung Thailand ketimbang Indonesia.

Sejatinya pelatih Myanmar Rabah Benlarbi sangat berharap bersua Indonesia di final. Dia ingin membalas kekalahan 1-2 dalam laga pembuka grup B (5/9). ” Ya, akan jadi menarik kalau bertemu di final,” katanya. Ternyata, Myanmar kalah adu penalti 4-5 oleh Malaysia. Dengan begitu, Myanmar akan kembali bertemu dengan Indonesia, tapi dalam perebutan tempat ketiga besok. (*/c11/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia