Jawa Pos

Bangun Network dengan Personal Branding

-

SURABAYA – Kemauan. Satu kata dari Yovita Lesmana, founder of Yovita Lesmana Personalit­y Training, membuka networking class. Yap, kelas bagi peserta Zetcon Troops 2k17 itu diselengga­rakan kemarin (15/9). Di Semanggi Room, Graha Pena lantai 5, Surabaya, para peserta mendapatka­n materi tentang personal branding.

Menurut Yovita, personal branding merupakan sesuatu yang penting untuk membangun network dengan orang lain. ’’Dalam personal branding, hal yang harus dilakukan kali pertama adalah fokus dengan tujuan,’’ ujar Yovita.

Selain itu, Yovita menjelaska­n bahwa personal branding bisa dilakukan dengan mengenali diri kita sendiri. ’’Cari tahu kekurangan dan temukan kelebihan diri sendiri,’’ tuturnya.

Bukan cuma dua poin tersebut, Yovita menyatakan bahwa penampilan juga harus diperhatik­an. ’’Misalnya, kalau mau nge- branding kompetisi Zetcon Troops yang keren, kalian juga harus menunjukka­n bahwa diri kalian sendiri itu keren. Dari potongan rambut, pemilihan pakaian, hingga bau badan,’’ jelas Yovita.

Sebagai latihan personal branding, Yovita menantang peserta untuk maju dan memperkena­lkan diri. Mario Erlanda, peserta asal SMAN 21 Surabaya, langsung menyambut tantangan dan maju ke depan. Ternyata Mario awalnya ragu dan malu untuk memperkena­lkan diri di depan banyak orang.

’’Tadi aku sempat takut, tapi lama-lama rasa maluku mulai memudar. Karena udah dapat materi dari Kak Yovita, aku jadi berani maju,’’ ucap Mario.

Bukan cuma Mario, Namira Amelia asal SMAN 5 Surabaya juga lebih percaya diri dengan adanya networking class tersebut. ’’Aku jadi tahu cara membawa diri di depan banyak orang. Salah satunya, menutupi semua kekurangan yang kita miliki,’’ kata Namira.

Di akhir acara, Yovita berpesan bahwa generasi muda harus punya kemauan dan keberanian untuk bisa mewujudkan setiap mimpi yang dimiliki. (int/c14/als)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia