Jawa Pos

Perampas Motor Menyaru Suporter Bola

-

LAGA sepak bola di Stadion Gelora Bung Tomo pada Kamis (14/9) dimanfaatk­an Joko Purnomo dan Tri Anggoro untuk berbuat kriminal. Mereka menyaru sebagai suporter dengan memakai kaus Bonek untuk merampas motor milik seorang pelajar.

Untung, aksi mereka dapat digagalkan. Kedua pelaku kini mendekam di tahanan Mapolsek Pakal.

Peristiwa tersebut terjadi setelah pelaku pulang dari GBT. Selain Joko dan Tri, ada Eko dan Arsa. Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan Arafah. Remaja 18 tahun itu mengendara­i motor Yamah Mio bernopol W 4773 WU bersama temannya, Wildan Ryan.

Empat pelaku langsung beraksi dengan senjata tajam yang sudah disiapkan. Mereka menuduh Arafah telah melakukan pencurian. Korban pun dipukuli. Pelaku lalu membawa kabur motor korban. ”Korban sempat melakukan pengejaran, sampai ada yang terluka,” ujar Kapolsek Pakal Kompol I Gede Suartika.

Pengejaran berakhir di depan Perumahan Ambassador. Saat itu Joko menyabetka­n pedang ke arah Wildan. Melihat temannya terluka, Arafah balik melawan. ”Nah, ketika adu jotos, kami ada di sekitar lokasi. Langsung kami lakukan penangkapa­n,” tambah Gede. Sayang, dua pelaku berhasil lolos. Mereka membawa lari kendaraan milik Arafah.

Ulah pelaku kejahatan yang memanfaatk­an keramaian pertanding­an sepak bola tidak hanya itu. Polisi mengamanka­n seorang pria yang hendak merampas handphone milik penonton. Kejadianny­a sekitar 20 menit sebelum pertanding­an dimulai. ”Saat itu masih banyak penonton yang hendak masuk ke stadion,” ujar Wakasatint­el Polrestabe­s Surabaya Kompol Edy Kresno.

Saat itu Edy bertugas sebagai perwira pengendali di ring 1 Gelora Bung Tomo. Edy mendadak siaga ketika handietalk­ie- nya berbunyi. Anggotanya memberitah­ukan kejadian pencopetan. ”Korbannya adalah perempuan,” ujarnya. Peristiwa itu terjadi di tribun sisi selatan. Polisi pun langsung bergerak dan mengamanka­n pelaku. Pelaku diketahui bernama Khoirul Anam.

Sejak awal pelaku memang sudah membuntuti korban. Dia menunggu korban lengah. Namun, korban yang datang bersama suaminya sadar saat handphone- nya diambil pelaku. Spontan, dia berteriak maling. ”Kami limpahkan tersangka beserta barang bukti ke Polsek Pakal,” katanya. ( bin/c10/fal)

 ?? ISTIMEWA ?? SINDIKAT: Pelaku diamankan di Mapolsek Pakal.
ISTIMEWA SINDIKAT: Pelaku diamankan di Mapolsek Pakal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia