Jawa Pos

Dicicil Lagi Sepanjang 318 Meter

Proyek Pembanguna­n Jalan Lingkar Timur

-

SIDOARJO – Pengembang­an Jalan Lingkar Timur kembali berlanjut. Akhir tahun ini, pemkab akan melebarkan akses yang menghubung­kan wilayah Buduran dan Candi itu. Rencananya ditambah dari dua lajur menjadi empat lajur. Proses lelang juga telah berjalan.

”Tinggal penunjukan (penentuan, Red) pemenang tender,” kata Kabid Pemelihara­an Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo M. Yunan Khoiron kemarin (15/9). Dia memperkira­kan akhir September ini atau selambat-lam- batnya awal Oktober pembanguna­n sudah bisa berjalan.

Pelebaran Jalan Lingkar Timur merupakan proyek lanjutan. Tahun lalu dinas PUPR memperleba­r jalur yang melintasi kawasan Desa Prasung, Buduran. Lokasinya di depan perumahan Pesona Permata Gading II. Jalan yang semula lebarnya 7 meter ditambah menjadi 14 meter.

Lokasi pelebaran jalan tahun ini tidak meneruskan tahun lalu, tetapi bergeser ke sisi selatan. Persisnya di area depo pasar ikan sepanjang 318 meter. Anggaranny­a Rp 4,9 miliar. Menurut Yunan, pemilihan lokasi itu berdasar pemetaan prioritas. ”Sebelum melintas di depan depo pasar ikan, jalurnya sudah lebar,” jelasnya.

Selain itu, kawasan tersebut berdekatan dengan gedung Sidoarjo Community Center (GSCC) yang sedang dalam tahap penyelesai­an. ”Begitu gedung rampung, jalan juga sudah jadi,” ujarnya.

Anggota komisi C DPRD Sidoarjo Tarkit Erdianto menilai, pengembang­an Jalan Lingkar Timur sangat lambat. Dari jalur sepanjang 8,8 km, yang tergarap baru sekitar 1,2 km. ”Masih kurang 7,6 km lagi,” katanya. Padahal, lanjut Tarkit, Jalan Lingkar Timur merupakan proyek prioritas pemkab. Manfaatnya adalah memecah kemacetan di ruas jalan utama Waru–Buduran. ”Seharusnya (pembanguna­n, Red) diutamakan,” ucap ketua Fraksi PDIP itu. (aph/c21/pri)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? AKSES PENTING: Jalan Lingkar Timur di sekitar depo pasar ikan ini akan diperlebar menjadi empat lajur.
BOY SLAMET/JAWA POS AKSES PENTING: Jalan Lingkar Timur di sekitar depo pasar ikan ini akan diperlebar menjadi empat lajur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia