Jawa Pos

Anggaran Bencana Aman

Selain Kekeringan, Muncul Ancaman Kebakaran

-

GRESIK – Ancaman bencana tidak hanya kekeringan. BPBD Gresik juga mengingatk­an masyarakat untuk mewaspadai bahaya kebakaran. Selama Juli– September, terjadi sekitar 50 kasus kebakaran.

Kemarin siang (15/9), kebakaran hebat melanda hutan kota Bukit Hollywood di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas. Api dengan cepat menghangus­kan batang-batang pohon serta semak belukar di lokasi favorit olahraga off-road itu.

Si jago merah mudah berkobar karena kondisi hutan kering. Asap tebal membubung tinggi dari atas bukit arena off-road tersebut. ”Awalnya, hanya api kecil. Tapi, cepat sekali membesar,” kata Nur Heri, petugas keamanan Semen Indonesia yang berada di lokasi.

Api mulai berkobar sekitar pukul 14.00. Titik api tampak di puncak bukit. Nur Heri menduga api berasal dari putung rokok yang dibuang sembaranga­n oleh para pencari burung di atas Bukit Hollywood.

Petugas pemadam kebakaran (PMK) sulit menjinakka­n api. Hingga kemarin petang, api belum bisa dikuasai. ’’Kami kekurangan air,” ujar petugas PMK Maksum Hadi. Kebakaran juga menghasilk­an asap tebal di Jalan Wahidin Seodiro Husodo. Pengguna jalan dan warga sekitar kewalahan. ”Asapnya pedih di mata,” tutur Hasbiah, seorang pengguna jalan.

Untuk bencana kekeringan, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Gresik terus mengedrop air bersih ke 32 desa yang kekeringan. Kemarin tiga tangki air dikirim ke wilayah Kecamatan Balongpang­gang, Cerme, dan Benjeng.

Kepala BPBD Abu Hasan menjelaska­n, distribusi air agak tersendat. Sebab, petugasnya harus antre giliran di tempat pengisian air. ”Ini menghabisk­an waktu. Harusnya kami dikecualik­an karena air ditunggu masyarakat,” ungkapnya.

Bagaimana soal ketersedia­an biaya? Badan Pendapatan Penge- lolaan Keuangan dan Aset Daerah h (BPPKAD) Gresik minta masyarakat at tidak khawatir. Anggaran untukk kebencanaa­n cukup besar.

Kepala BPPKAD Yetty Sri Suuparyati mempersila­kan BPBDD menggunaka­n biaya tak terdugaa (BTT) untuk penanggula­ngann kekeringan. Anggaran tersebutut memang disiapkan untuk bencana.a. Termasuk kekeringan seperti saat at ini. ’’Anggaran BTT bisa dipakai.i. Silakan,” ujarnya.

Bupati Sambari Halim Radianto bahkan menyiapkan anggaran sampai Rp 3 miliar untuk pe- nanggulang­an kekeringan. ”Dengan jumlah itu, anggaran untuk kebencanaa­n masih sangat aman,” tuturnya.

Sebelumnya diberitaka­n, cadangan sumber air di sejumlah wilayah terus menyusut. Jika hutan tidak turun dalam waktu dekat, debit sumber air akan terus mengecil. (mar/c20/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? MEMBARA: Petugas keamanan PT Semen Indonesia melihat api yang membakar lereng Bukit Hollywood (foto kiri). Api dipuncak bukit yang makin meluas.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS MEMBARA: Petugas keamanan PT Semen Indonesia melihat api yang membakar lereng Bukit Hollywood (foto kiri). Api dipuncak bukit yang makin meluas.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia