Jawa Pos

Sambari Promosikan Germas

-

GRESIK – Kabupaten Gresik menjadi contoh daerah dengan pola hidup sehat warganya. Bupati Sambari Halim Radianto mempresent­asikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten Gresik di Jakarta.

Sambari menjelaska­n, penerapan pola hidup sehat terletak pada pemerintah sebagai inisiator. Gerakan itu didahului kepelopora­n seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). ’’Jika pemerintah aktif, masyarakat akan mencontoh,’’ papar pejabat yang berlatar belakang pengusaha sukses tersebut.

Sambari diundang khusus sebagai narasumber Konferensi Nasional Promosi Kesehatan VII SeIndonesi­a di Hotel Mercure Jakarta pada Kamis (14/9). Konferensi itu juga dihadiri petinggi Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes). Salah satunya, Dirjen Kesehatan Masyarakat dr Anung Sugiharton­o. Hadir pula Wali Kota Palu Hidayat dan Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo.

Dalam presentasi­nya, Sambari memaparkan tiga hal pembentuk pola hidup sehat masyarakat Gresik. Salah satunya, masyarakat harus gemar berolahrag­a. ’’Minimal 30 menit setiap hari,’’ ujarnya.

Di Gresik, olahraga masyarakat juga bisa dilakukan di arena car free day (CFD) Minggu Sehat. Bersepeda, jalan sehat, dan senam masal. Selain itu, pihaknya melakukan kampanye rajin mengonsums­i buah dan sayur-sayuran. Kegiatan lain adalah memotivasi masyarakat untuk rajin memeriksak­an kondisi kesehatan secara berkala.

’’Pola hidup sehat seperti ini sudah memasyarak­at sampai ke desa dan RT/RW,’’ jelas Sambari yang disambut tepuk tangan meriah hadirin. (mar/c14/roz)

 ?? PEMKAB FOR JAWA POS ?? PENGGERAK: Bupati Sambari memaparkan konsep dan pelaksanaa­n Germas Kabupaten Gresik di Jakarta.
PEMKAB FOR JAWA POS PENGGERAK: Bupati Sambari memaparkan konsep dan pelaksanaa­n Germas Kabupaten Gresik di Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia