Jawa Pos

Saling Klakson Setiap Pagi

-

SUASANA masih pagi. Namun, bunyi klakson mobil sudah memecah keheningan. Suasana saling klakson itu kerap terjadi di Jalan Lebak Arum V, Kelurahan Gading, Tambaksari. Jalan yang hanya selebar 4 meter tersebut sering macet karena banyak mobil yang parkir di jalan.

Mobil yang terparkir di jalan umumnya merupakan milik pribadi. Mobil tersebut diparkir di tepi jalan lantaran pemilik tidak punya garasi. Ada juga yang punya garasi untuk satu mobil, padahal punya dua mobil.

Sebut saja namanya Heru. Dia memiliki dua mobil. Namun, garasinya hanya cukup untuk satu mobil. Alhasil, mobil lainnya diparkir di tepi jalan. Tapi, mobil tersebut tidak terparkir di depan rumahnya. Heru memarkirny­a di depan rumah orang lain.

Padahal, pemilik rumah, Sri Rahayu, juga punya mobil. Saat pagi, dia sulit mengeluark­an kendaraan miliknya. ”Dibuat belok tidak cukup. Parkirnya mepet sama pintu,” keluhnya.

Yayuk –sapaan Sri Rahayu– pernah menegur dan lapor ke RT. Namun, hasilnya nihil. Menurut dia, Heru berkilah jika parkir di depan rumahnya, tetangga di depannya tidak bisa memasukkan mobil. ”Sekarang depan rumah saya kasih pot dan fondasinya saya tinggikan,” katanya. Dengan begitu, mobil milik Heru semakin kesulitan parkir.

Peristiwa lain terjadi di Jalan Karang Asem. Di sana bukan cuma mobil pribadi yang parkir. Truk pun ikut parkir. Akibatnya, saat jam sibuk, lalu lintas tersendat.

Truk yang parkir di sana tidak lepas dari keberadaan rumah yang beralih fungsi menjadi gudang. Karena halaman dan garasi mobil tidak muat, truk diparkir di tepi jalan. Separo badan truk dinaikkan ke atas got yang sudah dicor. Sedangkan sisanya berada di badan jalan.

Warga di sekitar tempat itu sebenarnya tidak diam saja. Mereka pernah menegur pemilik rumah yang beralih menjadi gudang tersebut. Namun, teguran itu tidak direspons. Menurut Candra Wibowo, salah seorang warga, pemilik truk tidak pernah menggubris komplain warga. ” Ya begitu sikapnya, acuh. Mau negur pegawainya ya mereka cuma jalankan perintah,” katanya. (gal/c21/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia