Jawa Pos

Bersiap Unas Perbaikan SMA/SMK

Sesi Pendaftara­n Tersisa Empat Hari

-

SURABAYA – Ujian nasional (unas) perbaikan SMA/SMK dan paket C gelombang II akan dilaksanak­an dalam waktu dekat. Tepatnya pada 10–12 Oktober atau 13–15 Oktober. Berdasar laman https://unp.kemdikbud.

go.id, pendaftara­n untuk unas perbaikan sudah dibuka. Bahkan, waktu pendaftara­nnya tersisa empat hari lagi.

Wakil Bidang Kurikulum SMKN 7 M. Ardiyanto menyatakan, belum ada siswa yang mengajukan untuk mendaftar unas perbaikan.

Unas perbaikan ditujukan bagi peserta ujian nasional 2014–2015, 2015–2016, dan 2016–2017. Mereka belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan. Dengan kata lain, nilainya kurang dari atau sama dengan 55.

Menurut Ardiyanto, belum adanya siswa yang mengajukan itu, tampaknya, disebabkan siswa sudah cukup menikmati dunia baru mereka. ”Ada yang bekerja, berwirausa­ha, atau melanjutka­n pendidikan,” ungkapnya. Meski begitu, pihaknya akan membantu memfasilit­asi jika ada peserta yang ingin mengikuti unas perbaikan.

Hal senada disampaika­n Kepala SMKN 2 Djoko Pratmodjo. Menurut dia, belum ada siswa yang mengajukan diri untuk unas perbaikan. Padahal, hampir 40 persen nilai siswa yang mengikuti ujian nasional kurang.

Di Surabaya, ada beberapa sekolah yang ditunjuk sebagai penyelengg­ara unas perbaikan di Surabaya. Di antaranya, SMAN 6 dan SMKN 1. Hal itu dibenarkan Waka Humas SMAN 6 Yatimun. Menurut dia, rapat terkait dengan pelaksanaa­n unas perbaikan tersebut sudah dilakukan bersama Dinas Pendidikan Jawa Timur kemarin (19/9).

Kepala SMKN 1 Bahrun menyebutka­n, pendaftara­n dilakukan dengan cara online. Terkait jumlah peserta, dia menerangka­n, umumnya tidak banyak peserta yang mendaftar.

Merujuk pada laman https:// unp. kemdikbud. go. id, setidaknya, ada tiga kriteria peserta unas perbaikan. Yakni, peserta yang baru kali pertama mengikuti unas, peserta yang melakukan perbaikan nilai unas, dan peserta kejar paket yang baru mengikuti sebagian mata ujian.

Peserta kejar paket bisa mengikuti mata ujian yang belum diikuti saja. Peserta yang baru pertama mengikuti unas wajib mengikuti seluruh mata ujian yang diujikan. Yakni, tiga mata ujian umum dan satu mata ujian pilihan untuk SMA/MA serta empat mata ujian untuk SMK.

Saat mendaftar, calon peserta bisa menyerahka­n beberapa berkas. Misalnya, ijazah atau ijazah sementara yang dilegalisa­si, SHUN sementara, pas foto terbaru, dan menunjukka­n kartu peserta ujian dari sekolah asal bagi peserta baru. (puj/c25/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia