Jawa Pos

Undangan Palsu Panglima TNI

-

PADA 22 September kemarin, akun Twitter @benni_ hidayat menyebutka­n informasi yang tidak benar. Dia menyebarka­n informasi seolah-olah Panglima TNI mengundang masyarakat untuk berkumpul di lapangan Monas. Padahal, tak ada undangan seperti itu.

’’Undangan resmi dari Panglima TNI. Sabtu, 30 September 2017, jam 7 pagi, kita kumpul di Monas (DKI) dengan ikat kepala merah putih,” kicau akun @benni_hidayat. Status tersebut ditulis dengan menyertaka­n sebuah video. Akun Puspen TNI langsung mengonfirm­asi bahwa kabar itu hoax.

’’ Woro-woro info di bawah ini nggak benar ya tweeps a.k.a hoax!!! Don’t believe it tuips,” tulis akun resmi Twitter Puspen TNI. Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto juga memastikan kabar tersebut. ’’Undangan resmi yang mengatasna­makan Panglima TNI itu tidak benar,” tegasnya.

Setelah TNI meluruskan kabar, akun @benni_hidayat langsung mengakui telah menyebarka­n informasi yang tidak benar. ’’Mohon maaf, saya udah klarifikas­i di reply posting- an tsb bahwa itu video th 2016. Saya salah posting. Saya akan hapus kiriman tsb,” kilah @benni_hidayat.

Meskipun sudah dikonfirma­si TNI dan Benni Hidayat mengakui kesalahann­ya, informasi tersebut masih disebarkan orang-orang bagai sebuah kebenaran. Misalnya, akun Facebook Koransiana News. Akun itu dibuat seolaholah mirip logo sebuah media warga milik salah satu media mainstream di Indonesia. (syn/gun/eko/c18/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia