Jawa Pos

Tower JBC Pastikan Bali Tetap Benderang

-

BANYUWANGI – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan membangun SUTET (saluran udara tekanan ekstrating­gi) 500 kv Jawa Bali Crossing (JBC) sebagai salah satu proyek pendukung 35 ribu mw. Proyek tersebut membentang dan melintasi laut di antara dua tower. Yakni, dari Grand Watudodol, Banyuwangi, Jawa Timur, ke Segara Rupek, Buleleng, Bali, dengan jarak 2,68 kilometer. JBC juga direncanak­an menjadi tower listrik tertinggi di dunia dengan tinggi 376 meter.

Manajer Unit Pelaksana Proyek Jaringan II Jawa Bagian Timur dan Bali I Indrayoga Suharto menyatakan, SUTET 500 kv JBC itu bertujuan menyalurka­n energi listrik dari Pulau Jawa ke Pulau Bali. Saat ini Bali memiliki daya terpasang 1.290 mw, dengan daya mampu 1.100 mw dan beban puncak sekitar 860 mw. ”Artinya, saat ini PLN mempunyai daya sekitar 200 mw di Pulau Bali,” ujarnya di Banyuwangi akhir pekan lalu.

Dia memaparkan, asumsi pertumbuha­n listrik di seluruh Indonesia mencapai 8,7 persen per tahun. Sementara itu, di Bali diperkirak­an tumbuh 10–15 persen per tahun karena pesatnya perkembang­an industri, terutama perhotelan. ”Kalau pertumbuha­nnya seperti itu, pada 2021 apabila tanpa JBC, beban puncaknya akan menjadi 1.214 mw. Sementara itu, daya mampunya hanya 1.100 mw. Hal yang terburuk, Bali mengalami kegelapan pada 2021 karena kurangnya pasokan listrik di situ,” paparnya.

General Manager Unit Induk Pembanguna­n Jawa Bagian Timur dan Bali I Mayarudin menambahka­n, saat ini proyek JBC sampai pada tahap pengurusan izin. Total ada 13 perizinan yang diselesaik­an. Dengan demikian, masih kurang dua perizinan. Yaitu, izin pinjam pakai kawasan hutan dari Kementeria­n LHK dan izin penetapan lokasi Kabupaten Buleleng dari Pemprov Bali. (car/c16/sof)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? EKSPANSI: Pembanguna­n PLTGU Grati peaker ekstensi 450 mw di Pasuruan, Jawa Timur, yang akan memperkuat kapasitas listrik di wilayah Jawa-Bali. Proyek tersebut diharapkan bisa rampung pada Agustus 2018.
FRIZAL/JAWA POS EKSPANSI: Pembanguna­n PLTGU Grati peaker ekstensi 450 mw di Pasuruan, Jawa Timur, yang akan memperkuat kapasitas listrik di wilayah Jawa-Bali. Proyek tersebut diharapkan bisa rampung pada Agustus 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia