Jawa Pos

Debit Air Menyusut 90 Persen

-

TRENGGALEK – Selain di beberapa wilayah yang mengalami kekeringan, musim kemarau membuat debit air di beberapa sungai menurun drastis.

Kabag Protokol dan Rumah Tangga Sekretaria­t Daerah Trenggalek St Triadi Atmono menyatakan, secara umum, musim kemarau mengakibat­kan debit air beberapa dam menurun drastis. Sebab, bagian hulu sungai pun memiliki air yang tak terlalu banyak.

’’Penyebab langkanya air di sini adalah tidak turunnya hujan. Maka, dimungkink­an hal ini akan terus terjadi sekitar dua bulan ke depan hingga datangnya musim penghujan,’’ ujarnya.

Triadi melanjutka­n, turunnya debit air secara rata-rata di sejumlah dam mencapai 90 persen dari biasanya. Bahkan, di salah satu dam, saat ini debit airnya tidak sampai 1 liter per detik. Padahal, sebulan sebelumnya, debit air sekitar 2,201 liter per detik.

Karena itu, ujar Triadi, pemkab langsung berkoordin­asi dengan berbagai pihak seperti Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) untuk mengatasi hal tersebut. ’’Prakiraan datangnya musim penghujan dari BMKG sangat kami nantikan, untuk melakukan tindakan cara apa yang tepat mengatasin­ya,’’ katanya.

Hal itu perlu dilakukan. Sebab, turunnya debit air tersebut mengakibat­kan para petani sulit mencari air untuk mengairi sawah. Dengan demikian, ketika musim kemarau seperti saat ini, diharapkan petani beralih melakukan pola tanam dari yang sebelumnya padi ke palawija yang tidak terlalu membutuhka­n banyak air.

Selain itu, jika telanjur menanam padi, warga bisa menggunaka­n bantuan pompa air yang telah diberikan pemerintah kepada beberapa kelompok tani. ’’Syukurlah, sampai saat ini (kemarin, Red) kami belum menerima adanya laporan tentang sawah yang gagal panen akibat kurangnya air. Sebab, kebanyakan pada awal musim kemarau petani mulai memanen padinya,’’ jelas Triadi. ( jaz/rka/c19/diq)

 ?? AGUS MUHAIMAN/JAWA POS RADAR TRENGGLEK ?? TURUN DRASTIS: Kondisi debit air di Dam Dawung yang menurun drastis semenjak musim kemarau.
AGUS MUHAIMAN/JAWA POS RADAR TRENGGLEK TURUN DRASTIS: Kondisi debit air di Dam Dawung yang menurun drastis semenjak musim kemarau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia