Jawa Pos

PKB Munculkan Tiga Calon di Pilkada

-

MADIUN – Konstelasi politik menjelang pilkada 2018 di Kabupaten Madiun semakin hangat. Partai Kebangkita­n Bangsa (PKB) akhirnya memunculka­n tiga jagoan di permukaan.

Partai politik (parpol) pemenang pilkada 2013 tersebut bangkit dengan mengusung tiga bakal calon yang semuanya wakil rakyat. Mereka adalah Djoko Setijono (ketua DPRD), Suwandi (ketua Komisi B), dan Wahyu Widayat (ketua Komisi A). ” Tiga nama itu sudah naik ke pusat,’’ tutur Ketua DPC PKB Kabupaten Madiun Muhtarom.

Dia mengakui, dalam pencalonan tersebut, DPC sebatas me- nyampaikan usulan. Soal rekomendas­i menjadi kewenangan penuh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). ”Kami hanya mengusulka­n, selanjutny­a menjadi domain pusat. Misalnya, pencalonan Gus Ipul (Wagub Syaifullah Yusuf, Red) yang juga langsung direkomend­asikan pusat,’’ katanya.

Tarom belum bisa memastikan kapan rekomendas­i dari pusat itu turun. Sebab, pengajuan tiga kader terbaik PKB tersebut masih menunggu petunjuk pelaksanaa­n (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terlebih dahulu. Sangat mungkin, rekomendas­i baru diberikan menjelang masa pendaftara­n pasangan calon (paslon).

Mengacu peraturan KPU RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelengg­araan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2018, pendaftara­n berlangsun­g mulai 8–10 Januari mendatang.

”Tentu ada tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu. Tidak secepat itu dapat rekomendas­i,’’ ujar Tarom.

Setelah tiga nama diajukan, DPP PKB bakal menerjunka­n tim survei. Sama halnya dengan mekanisme yang dilalui parpol yang menggelar pendaftara­n bacabup dan bacawabup. Tujuannya, menyelami tingkat elektabili­tas dan popularita­s masing-masing bacabup yang diusung. Bacabup yang memiliki penilaian tertinggi bakal mendapatka­n restu. ”Biasanya seperti itu,’’ katanya.

Karena itu, Tarom berharap bacawabup yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan juga meraih hasil survei tertinggi. Sebagaiman­a diberitaka­n, partai berlambang moncong putih itu kini memiliki tiga jagoan. Setelah Tri Wahyudiono (pengusaha dari Malang) mendaftar melalui DPD PDI Perjuangan Jatim, DPC PDI Perjuangan tidak membuka pendaftara­n bagi kalangan eksternal parpol. (bel/fin/c21/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia