Jawa Pos

Menang, Marquez Unggul 16 Poin

-

ARAGON – Sebelum balapan tadi malam berlangsun­g, Marc Marquez menyatakan bahwa MotoGP Aragon akan sangat krusial dalam penentuan peta persaingan perebutan gelar juara MotoGP 2017. Kemenangan megabintan­g Repsol Honda itu di Aragon sekaligus menjawab prediksi yang dibuatnya sendiri.

Membawa pulang poin sempurna, kini Marquez unggul 16 poin dari rival terdekatny­a di klasemen pembalap, Andrea Dovizioso (Ducati).

Start dari posisi kelima, Marquez memulai lomba dengan lambat. Namun, dia membuktika­n mampu memanfaatk­an keunggulan­nya di Aragon. Dovizioso, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo disalipnya satu per satu hingga memberinya tambahan 25 poin.

’’ Balapan yang tidak mudah. Di awal saya tak menemukan feeling yang bagus pada motor. Saya mencoba kembali mendapatka­n feeling tersebut. Tapi, bahkan di akhir balapan saya tidak merasa sangat nyaman. Dibandingk­an tahun-tahun sebelumnya, saya merasa lebih kesulitan tahun ini,’’ ucap Marquez seusai lomba.

Meski begitu, kemenangan tersebut sudah diprediksi. Aragon adalah teritori Marquez sejak di kelas Moto2. Selain itu, motor Honda memang pas dengan karakter Aragon.

Dominasi Honda semakin sempurna dengan penampilan impresif Daniel Pedrosa. Pembalap Spanyol tersebut melibas Lorenzo dua lap menjelang bubar. Honda finis 1-2. Jarak keduanya 0,879 detik. Pedrosa finis di podium untuk kali ke-8 musim ini. Sementara itu, Lorenzo finis ketiga dan mengamanka­n podium keduanya bersama Ducati. Seluruh podium dikuasai pembalap Spanyol. Kondisi ideal untuk memuaskan fans tuan rumah.

’’Sangat senang dengan hasil balapan ini. Kami tidak yakin dengan pilihan ban sebelum lomba. Saya memilih medium dan harus berhati-hati di awal balapan. Saya terlalu lama memburu Maverick sehingga kehilangan banyak waktu untuk mengejar grup terdepan,’’ ucap Pedrosa. (cak/c5/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia