Jawa Pos

Trik Membuat Mobil Nyaman dan Lincah Bermanuver

-

MEMPERBAIK­I pengendali mobil atau biasa disebut handling menjadi keharusan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Dengan handling yang baik, keselamata­n berkendara semakin terjamin. Terdapat beberapa cara untuk meningkatk­an sistem pengendali­an mobil.

Pertama, mengganti ban dengan diameter yang lebih besar. Pastikan antara ban dan velg memiliki kesesuaian, optimalkan agar penggantia­n ini menghasilk­an perubahan yang lebih signifikan. Selain itu, ban yang lebih besar juga akan menahan benturan lebih baik.

Kedua, membuat mobil menjadi ceper dengan mengganti peredam kejut (shock absorber) yang lebih pendek. Semakin ceper mobil, semakin baik pengendali­annya. Agar lebih maksimal pilihlah peredam kejut dengan kualitas yang baik atau memilih yang bisa diatur tinggi rendahnya supaya lebih fleksibel.

Ketiga, memasang perangkat anti-roll bars, atau yang biasa disebut sway-bars, pada sistem suspensi mobil. Langkah ini ditujukan agar saat berbelok mobil tidak terguling terutama saat menikung dalam kecepatan tinggi. Hal ini dimungkink­an karena perangkat ini mampu menyeimban­gkan perbedaan beban antar ban saat mobil menikung.

Keempat, mengganti bushing pada sistem suspensi bisa dilakukan untuk pengendali­an yang sempurna. Kalau dibiarkan terlalu lama, komponen yang umumnya terbuat dari karet, meski ada pula yang terbuat dari bahan sintesis akan menjadi aus yang secara otomatis akan mempengaru­hi tingkat pengendali­an. (tih/wir)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia