Jawa Pos

Fokus Dorong Kreativita­s Anak Muda

Karang Taruna Jatim Hari Ini Dikukuhkan

-

SURABAYA – Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Jatim dikukuhkan hari ini (25/9). Memasuki masa bakti 2017–2022, pengurus FPKT Jatim yang baru berniat fokus menggarap audiens muda. Mereka akan mendorong generasi muda agar lebih kreatif demi peningkata­n ekonomi.

Ketua FPKT Jatim Agus Maimun menyatakan, kemandiria­n anak muda di dunia UMKM akan menjadi PR utamanya. Salah satunya memfasilit­asi pelaku UMKM agar mampu mengakses bantuan finansial. Dia menyebutka­n, organisasi lain untuk perempuan atau santri sudah memiliki koperasi. Seharusnya, koperasi muda pun bisa dilaksanak­an. ’’ Tetapi, tidak usah finansial juga bisa. Yang penting dibukakan kesempatan,’’ jelas Agus dalam kunjungan ke redaksi Jawa Pos kemarin (24/9).

Agus mengakui, selama ini ada kesan bahwa karang taruna hanya muncul saat event Agustusan. Karena itu, dia menegaskan bahwa karang taruna saat ini harus bisa keluar dari kesan tersebut. Karang taruna tidak hanya menangani agenda setahun sekali itu. Tetapi, harus bisa memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat lewat sumbangsih generasi muda.

Karena itu, dia dan timnya akan banyak menggunaka­n pendekatan modern untuk menggaet generasi milenial. Mereka menyebutny­a 3.O. Yakni, online, on air, dan offline/off air. Salah satunya lewat website yang akan menjadi wadah informasi karang taruna se-Jatim. Tujuannya, menunjukka­n eksistensi organisasi mereka sebagai bagian dari pemerintah. Isu yang diangkat pun harus relevan dengan kaum milenial. Misalnya, budaya dan teknologi yang dipadukan menjadi satu.

Nah, untuk offline- nya, mereka juga akan mengadakan gelar produk. ’’Ini bisa diikuti karang taruna di kabupaten/kota untuk memamerkan karya unggulan mereka,’’ tambahnya.

Agus juga berharap karang taruna bisa lebih aktif menjadi representa­si anak muda yang majemuk. Dia menyatakan, FPKT Jatim cukup beruntung karena kepengurus­an kali ini melibatkan individu-individu dari beragam latar belakang. Antara lain, pengusaha, aktivis, hingga dokter. Sumbangsih yang diberikan pun bisa lebih beragam dan tidak monoton. ’’Yang penting, berkarangt­aruna harus bahagia,’’ tutur Agus Maimun yang juga anggota DPRD Jatim dari PAN itu. (deb/c15/oni)

 ?? MAHESA INDRA/ JAWA POS ?? GERBONG BARU: Agus Maimun (enam dari kiri) dan pengurus Karang Taruna Jatim di kantor redaksi Jawa Pos kemarin.
MAHESA INDRA/ JAWA POS GERBONG BARU: Agus Maimun (enam dari kiri) dan pengurus Karang Taruna Jatim di kantor redaksi Jawa Pos kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia