Jawa Pos

Risma Kampanyeka­n Kesehatan Jantung

-

SURABAYA – Peringatan Hari Jantung Sedunia diwarnai dengan be ragam aktivitas di Taman Bungkul kemarin pagi (24/9). Mulai senam, zumba, bersepeda pancal, pemeriksaa­n kesehatan, hingga pelatihan pertolonga­n dasar. Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan mengampany­ekan kesehatan jantung kepada masyarakat.

Wali Kota Tri Rismaharin­i turut hadir di tengah-tengah kegiatan yang diadakan Perhimpuna­n Dokter Spesialis Kardiovask­ular Indonesia (Perki) itu. Bahkan, orang nomor satu di Surabaya tersebut juga nimbrung bersama warga ketika dr Liliek Murtinings­ih SpJP memberikan pelatihan pertolonga­n dasar.

Pelatihan pertolonga­n dasar tersebut diikuti seluruh warga. Di dalamnya juga ada petugas puskesmas, satpol PP, dinas perhubunga­n, hingga linmas. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian untuk mengampany­ekan Hari Jantung Sedunia.

Risma menyatakan, kematian akibat serangan jantung menduduki posisi tertinggi di Indonesia. Dia pun tidak ingin warga Surabaya terkena serangan jantung. Karena itu, dia bersama seluruh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Surabaya bersama-sama membuat strategi kampanye pencegahan penyakit jantung. Kenakalan remaja yang terjadi tidak hanya karena orang tua bercerai. Tetapi juga karena orang tuanya meninggal,’’ katanya.

Karena itu, Risma mengajak seluruh warga untuk mulai menyayangi kesehatan jantung. Caranya, melakukan olahraga bersepeda maupun berjalan kaki. Gerakan tersebut dilakukan sehari dalam sebulan. Seluruh warga tidak menggunaka­n kendaraan bermotor. Pedestrian sudah dibangun. Bisa dimanfaatk­an untuk pejalan kaki, bukan untuk sepeda motor,’’ katanya.

Gerakan tersebut berguna untuk mencegah serangan jantung. Dengan begitu, seluruh orang tua bisa mengawal anak serta cucu hingga dewasa. (ayu/c15/oni)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia