Jawa Pos

Bagikan 4 Ribu Paket Sembako

-

SURABAYA – Genderang barongsai meramaikan suasana Kelenteng Boen Bio kemarin (24/9). Atraksi barongsai tersebut membuka acara bakti sosial dalam ritual sembahyang Jing He Ping. Bakti sosial dilakukan sebagai bentuk penghormat­an kepada arwah leluhur dan arwah yang telantar.

Sembahyang Jing He Ping atau yang dikenal dengan Sembahyang Rebutan merupakan tradisi Tionghoa yang jatuh pada tanggal 15 bulan 7 penanggala­n Imlek. Tahun ini puncaknya pada 5 September. Meski demikian, sembahyang bisa dilakukan 15 hari sebelum atau setelah 5 September. Di Kelenteng Boen Bio, sembahyang berlangsun­g Selasa lalu (19/9).

Sejak pukul 07.30, warga memadati Kelenteng Boen Bio. Selain menyaksika­n hiburan barongsai, mereka yang tinggal di lingkungan sekitar kelenteng tersebut mengantre sembako. Mereka datang dengan membawa kupon yang sudah dibagikan dari rumah ke rumah oleh panitia. ”Walau peringatan­nya sebagai sembahyang rebutan, di sini warga tidak perlu berebut,” ujar Ketua Kehormatan Kelenteng Boen Bio Gatot Seger Santoso.

Kegiatan bakti sosial merupakan agenda tahunan yang berlangsun­g lebih dari 20 kali. Acara juga dihadiri Kasubbag Tata Usaha Kementeria­n Agama Jatim Hikma Rahman, Kasubbag Tata Usaha Kementeria­n Agama Kota Surabaya Nur Hasan, penggiat budaya, komunitas, dan lain-lain.

Ketua panitia acara Rudi Agus Budiawan menjelaska­n, antusiasme penyumbang meningkat hingga 50 persen. Hal tersebut dibuktikan dengan terkumpuln­ya 16 ton beras, 4 kuintal gula, 600 karton mi instan, minuman kemasan, minyak, dan deretan bahan pokok lain. (esa/c6/oni)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ANTRE YA, BU: Warga menerima paket sembako di Kelenteng Boen Bio kemarin (24/9). Sembako tersebut berasal dari sumbangan umat.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ANTRE YA, BU: Warga menerima paket sembako di Kelenteng Boen Bio kemarin (24/9). Sembako tersebut berasal dari sumbangan umat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia