Jawa Pos

Lagi, Ikan di Kali Porong Kelenger

-

SIDOARJO – Ikan-ikan di aliran Kali Porong kemarin (24/9) kembali munggut. Tidak sedikit ikan yang mati. Sangat mungkin, ikan-ikan itu kelenger lantaran air di pecahan Kali Brantas tersebut tercemar. Kejadian itu merupakan kali ketiga pada tahun ini. Yakni, sebelumnya pada 16 Juli dan 11 September. Beberapa jenis ikan yang kelenger itu, antara lain, mujair, keting, kutuk, dan rengkik. Sejumlah warga memunguti ikan-ikan yang berukuran beragam tersebut.

Ainul Yaqin, Warga Bulang, Kecamatan Prambon, menyebutka­n bahwa ikan-ikan yang diperkirak­an mati sejak Minggu dini hari itu mengambang di sepanjang Kali Porong. ”Saya tahu pukul 06.00 saat melintas di tepian Kali Porong,” katanya.

Direktur Eksekutif Ecological Observatio­n and Wetlands Conservati­on (Ecoton) Prigi Arisandi menilai pemerintah lamban dalam menyikapi dugaan kasus pencemaran Kali Porong itu. Padahal, kejadian serupa terjadi sejak lama. ”Dampaknya ke lingkungan sudah jelas dan telah terlihat nyata,” ujar alumnus pascasarja­na Unair tersebut.

Dia juga berkali-kali melaporkan persoalan itu. Namun, seakanakan ada pembiaran dari yang berwenang. Ada sejumlah kerugian yang dialami masyarakat atas kasus tersebut. Misalnya, di hilir, ada sejumlah komoditas tambak. Bisa jadi, pencemaran itu berimbas terhadap produktivi­tas tambaktamb­ak warga. ”Kerugian lainnya adalah kualitas air. Padahal, air dari Kali Porong itu juga dikonsumsi unggas dan menjadi sumber air untuk pertanian,” paparnya.

Prigi berharap pemerintah melakukan investigas­i dari mana sumber penyebab kematian ikan-ikan tersebut. (jos/c16/hud)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? DIDUGA TERCEMAR: Muhammad Zafik menunjukka­n ikan bader yang mati di bawah jembatan Kali Porong, kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS DIDUGA TERCEMAR: Muhammad Zafik menunjukka­n ikan bader yang mati di bawah jembatan Kali Porong, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia