Jawa Pos

Cakupan Imunisasi MR 97 Persen

-

SIDOARJO – Kekhawatir­an tidak bisa mencapai target cakupan program imunisasi measles-rubella (MR) akhirnya bisa ditepis jauhjauh. Hingga pekan ketiga September, Dinas Kesehatan Sidoarjo mencatat cakupan vaksin MR di Kota Delta sudah 97 persen dari total proyeksi 497 ribu anak.

Plt Kepala Bidang Pengendali­an dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Sidoarjo dr Idong Djuanda menjelaska­n, capaian tersebut tercatat pada Kamis (21/9). Yakni, sekitar 482 ribu anak yang sudah tersuntik. Dengan begitu, pihaknya tinggal mengejar sisa 3 persen untuk memenuhi kewajiban dari Sidoarjo. ’’Sudah saya pantau dan capaian kami cukup bagus. Kami yakin bisa mencapai target,’’ ungkapnya.

Meski begitu, dia mengaku belum tentu bisa mencapai 100 persen dari data riil. Apalagi, jumlah peserta terus berkembang dengan pendataan peserta penerima baru. Mereka datang dari siswa sekolah yang belum terdaftar di dinas pendidikan dan kebudayaan saat pendataan awal.

Dalam data terakhir, peserta riil mencapai 510 ribu jiwa atau 2,5 persen lebih banyak daripada sasaran proyeksi. Saat ini pihaknya masih harus menghemat ampul vaksin untuk memenuhi sasaran prioritas. ’’Intinya, yang harus disuntik adalah anak yang sudah terdaftar untuk mendapatka­n vaksin. Juga lembaga yang sejak awal disasar. Mulai posyandu, PAUD, TK, SD, sampai SMP,’’ tegasnya. Yang terpenting, lanjut Idong, pihaknya bisa mencapai target pemenuhan imunitas komunal. (bil/c19/ai)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? WAJIB DIVAKSIN: Safira Difana, siswi MTsN 1 Sidoarjo, menahan rasa sakit saat disuntik imunisasi MR bulan lalu.
BOY SLAMET/JAWA POS WAJIB DIVAKSIN: Safira Difana, siswi MTsN 1 Sidoarjo, menahan rasa sakit saat disuntik imunisasi MR bulan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia