Jawa Pos

Libatkan Ibu-Ibu dalam ”Saya Pakai Takakura”

-

SIDOARJO – Giliran warga Porong yang memperoleh ilmu baru tentang pengolahan sampah. Kemarin (24/9) mereka berkumpul untuk belajar mengolah sampah rumah tangga dengan komposter takakura. Dengan begitu, makin banyak kalangan ibu yang menjadi peserta gerakan ”Saya Pakai Takakura”.

Acara tersebut diusung Tim Sosialisas­i Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo yang bersinergi dengan fasilitato­r program kota tanpa kumuh (kotaku). Untuk memaksimal­kan kinerja, mereka membagi materimate­ri sesuai dengan target masyarakat yang bakal melaksanak­an program tersebut. Warga yang dibina sebagai kader lingkungan masuk ke ruang dua. Mereka dibekali ilmu tentang metodemeto­de pengolahan sampah. Termasuk bank sampah, komposter, dan takakura. Ketua Timsos DLHK Budi Santoso dengan dibantu Siti Musliha, anggota timsos, mengenalka­n tentang tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). Sebab, TPST Kawasan Porong di Desa Candi Pari belum berjalan maksimal.

”Pola pikir masyarakat tentang TPST itu lokasi untuk menumpuk sampah harus dihilangka­n. Namanya saja sudah pengolahan, bukan lagi pembuangan,” tegas Budi. Sosialisas­i tersebut diadakan di SDN Gedang Porong. Lebih dari 3.000 warga ikut berpartisi­pasi dalam agenda terkait program lingkungan tersebut. Minimal terdapat 10–15 orang yang datang dari setiap desa.

Di ruang dua, Budi yang ditemani Ketua KPL 2 Zero Waste Academy (ZWA) Imam Syafi’i menjelaska­n tentang komposter takakura kepada warga. Beberapa tampak antusias dan maju. Salah satunya adalah Misti, 38. Warga Desa Plumbon, Porong, tersebut mengaku penasaran. Budi meminta Misti mempraktik­kan apa yang telah dijelaskan. ”Dicacah dulu sayurnya. Lalu, diaduk sama starter,” ujar Misti sambil merajang sayuran.

Langkah-langkah tersebut dicatat peserta lainnya. Ketika sesi tanya jawab, banyak peserta yang langsung berkonsult­asi dengan timsos DLHK maupun anggota KPL 2 ZWA. (via/c16/ai)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia