Jawa Pos

Nikmati Minggu Pagi Bersama Sugar Glider

-

SIDOARJO – Beraktivit­as di akhir pekan paling asyik bersama keluarga plus binatang peliharaan. Banyak komunitas yang mengajak binatang kesayangan mereka menikmati udara pagi di Kota Sidoarjo. Termasuk pencinta sugar glider.

Kemarin (24/9) Sugar Glider Lover (SGL) Sidoarjo, sebutan untuk komunitas pencinta sugar glider, asyik bermain bersama belasan ’’kanguru kecil’’ di kawasan Natura Residences. Mereka membiarkan sugar glider merayap di tangan dan bahu. Salah satunya, Mayga Mentari. Perempuan 22 tahun itu memiliki sepasang sugar glider anak-anak. ’’Masih enam bulan. Kalau umur segini, binatang ini pasti gampang bosan. Jadi, aku beli sepasang langsung,” ujarnya. Membuat satu kandang yang agak lebar untuk lebih dari satu sugar glider malah bagus. ’’Kalau malam, mereka bisa main bareng. Jadi gak bikin bising,’’ katanya.

Suara bising yang ditimbulka­n sugar glider kala bosan pernah didengarka­n Rani Titah, 40. Dia pun harus lebih sering meluangkan waktu untuk menemani glider putihnya yang bernama Stephani di malam hari. ’’Ya supaya akrab sama manusia. Lama-lama dia nggak akan berisik kalau sering ditemani,” ucapnya.

Menurut Rani, penyuka glider harus tahu konsekuens­i memelihara binatang dengan nama ilmiah tersebut. Misalnya, harus bisa mengakrabk­an diri, menerima gigitan, menjaga kebersihan yang rawan membuat sugar glider sakit. ’’Kalau soal kebersihan sih, asal rutin dibersihka­n saja. Mandikan dan potong kuku seminggu sekali. perlu vaksin kok,’’ jelasnya.

Sugar glider juga menjadi hewan yang memikat Edric Christophe­r. Awalnya, bocah tiga tahun itu merasa geli dengan hewan tersebut. Namun, kini Edric malah lengket dengan Kevin, miliknya yang berwarna cokelat kehitaman. ’’Makannya aku kasih bubur bayi sama serangga,’’ celetuknya. (via/c20/ai)

 ??  ?? sugar sugar Petaurus breviceps Nggak sugar glider
sugar sugar Petaurus breviceps Nggak sugar glider

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia